Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Pertamina Kucurkan Rp 7,7 Miliar Modal Usaha untuk Pelaku UMKM

Pertamina menyalurkan sekitar Rp 7,7 miliar pinjaman modal usaha kepada 68 UMKM dan pelaku usaha lainnya yang tersebar di area Jatimbalinus

SURABAYA (global-news.co.id)  – Pertamina menyalurkan sekitar Rp 7,7 miliar pinjaman modal usaha kepada 68 UMKM dan pelaku usaha lainnya yang tersebar di area Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara.

Penyaluran  Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) dalam rangka sinergi lini bisnis Pertamina dan UMKM tersebut, Pertamina menyalurkan Rp 7 miliar untuk outlet pangkalan UMKM dalam program Pinky Movement, dan Rp 750 juta untuk pelaku usaha Pertashop.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pertamina yang terus berupaya mendukung pengembangan UMKM dan pelaku usaha lainnya, Jawa Timur khususnya. Terlebih di masa pandemi ini, di mana kami pelaku usaha sangat kekurangan modal dan membutuhkan upskilling agar usaha kami dapat tetap bertahan dan bisa tetap maju dan lebih baik lagi,” kata Pemilik Pertashop CV Berkah Jaya Andi Mulyadi, Selasa (28/12).

Dijelaskan Andi Mulyadi, dia dari program Pinky Movement dan Pertashop merasa bangga bisa masuk menjadi keluarga besar UMKM mitra binaan Pertamina. Dia sudah bisa melihat sendiri, bagaimana Pertamina tidak hanya menyalurkan pinjaman modal usaha kepada UMKM, tetapi juga fokus kepada pembinaan dan pelatihan.

“Untuk usaha Pertashop sendiri sangat membantu masyarakat di sekitar kami yang kesulitan menjangkau BBM di lokasi lokasi desa yang lumayan kesulitan untuk akses pembelian BBM. Sekali lagi terima kasih Pertamina sudah menerima kami,” ujar Andi Mulyadi.

Executive GM Pertamina Regional Jatimbalinus, Deny Djukardi, menjelaskan Program PUMK Pinky Movement dan Pertashop ini merupakan program komitmen perusahaan dalam upaya sinergi lini bisnis perusahaan bersama UMKM dan pelaku usaha.

Penyaluran Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) dalam rangka sinergi lini bisnis Pertamina dan UMKM

Pinky Movement sendiri merupakan program pinjaman modal usaha kepada UMKM outlet LPG untuk mengembangkan bisnis dengan menjual LPG non subsidi, juga untuk UMKM pengguna LPG subsidi yang ingin beralih menggunakan LPG non subsidi.

Kemudian untuk Pertashop sendiri merupakan program Pertamina berupa lembaga penyalur resmi berskala kecil dari Pertamina yang bertujuan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM, LPG dan produk ritel Pertamina lainnya di mana Perthashop ini menjadi alternatif membuka usaha di daerah yang selama ini jauh dari SPBU. “Kami harap dengan penyaluran program penyaluran modal usaha dapat membantu UMKM dan pelaku usaha demi kelancaran usaha dan perkonomian masyarakat,” terang Deny Djukardi.

Sementara Area Manager Comm Rel & CSR Pertamina Regional Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani,  menambahkan, Pertamina baru saja menggelar penandatanganan akad PUMK dalam rangka penyaluran modal usaha bagi pelaku UMKM area Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara di Kantor Pertamina Regional Jatimbalinus Surabaya.

Penandatanganan akad itu merupakan salah satu program kerja Pertamina dalam upaya mendukung perekonomian masyarakat, khususnya pelaku UMKM yang tersebar diseluruh wilayah operasional Pertamina. Program ini juga merupakan bagian dari tanggung jawab sosial lingkungan (TSJL) Pertamina dalam Pertamina Berdikari. Pertamina Berdikari ini sendiri merupakan satu dari empat pilar TJSL Pertamina. Tiga sektor lainnya antara lain Pertamina Cerdas yang fokus kepada kegiatan pendidikan, Pertamina Sehati untuk program kesehatan dan Pertamina Hijau untuk kegiatan penghijauan.

Sampai saat ini, Pertamina Regional Jatimbalinus menyalurkan lebih kurang Rp 13,3  miliar kepada lebih dari 100 UMKM dan pelaku usaha lainnya yang tersebar di seluruh area Pertamina Jatimbalinus, mulai dari Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara dengan sektoral penyaluran mulai dari sektor industri rumah tangga, perdagangan, peternakan hingga pertanian. (tis, fan)

baca juga :

Sungai Curah Menjangan Dinormalisasi, Masyarakat Dilarang Buang Sampah di Sungai

Redaksi Global News

Pemimpin DPRD Surabaya Ajak Generasi Muda Rawat Budaya Jawa

Redaksi Global News

21 Kambing di Malang Mati Misterius

Redaksi Global News