Global-News.co.id
Nasional Utama

Personel dan Material Siap untuk Relokasi Pemukiman Korban Erupsi Semeru

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, mendampingi Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman ke sejumlah lokasi terdampak Erupsi Gunung Semeru

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, mendampingi Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman ke sejumlah lokasi terdampak Erupsi Gunung Semeru dan Posko Pengungsian di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Senin (13/12).

Kedatangan KSAD untuk mengecek semua kesiapan para personel TNI Angkatan Darat dalam membantu penanganan bencana Erupsi Gunung Semeru serta memastikan kondisi para pengungsi dalam keadaan baik dan nyaman di Posko pengungsian.

“Kami cek sudah ada Posko, baik di Kodim maupun di beberapa Posko lainnya. Kesiapan Posko di sini sudah lengkap dan saling mendukung,” ujarnya.

Selain itu, KSAD Jendral Dudung mengatakan pihaknya juga akan membantu secara maksimal proses relokasi yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Kami cek kesiapan untuk relokasi, secara personel dan meterial sudah siap, tinggal menunggu komando dari Bapak Bupati, kita langsung bergerak,” kata dia.

Sementara, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menyatakan saat ini sudah ada tiga alternatif lokasi yang akan digunakan untuk relokasi warga yang pemukimannya terdampak Erupsi Gunung Semeru, yaitu Desa Penanggal, Desa Oro oro Ombo dan Desa Supiturang.

“Kami terus berkordinasi dengan lintas lembaga untuk segera proses relokasi masyarakat yang terdampak Erupsi Semeru bisa segera terselesaikan,” kata Cak Thoriq–sapaan Bupati Lumajang.

Lokasi tersebut sebelumnya telah dikaji dengan memperhatikan aspek keamanan dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat terpenuhi dengan baik.

“Tentu, hal yang utama adalah tempat relokasi harus aman dari potensi bencana, saluran air harus ada, jaringan listrik terpenuhi, luasannya cukup untuk pembagian lahan untuk dibangun rumah, penataan untuk fasilitas umum, untuk masjid, luasan jalan, sanitasi dan beberapa kebutuhan mendasar untuk pemukiman,” imbuhnya. (kmf, ins)

baca juga :

Optimalisasi Limbah Kulit Udang dan Sabut Kelapa, Mahasiswa Unair Raih Juara di BIOEXPO 2021

Titis Global News

Pengelola Penginapan Siap Beri Layanan Terbaik Bagi Peserta MTQ ke XXIX Jatim

gas

Disediakan Rp 14 Miliar, Bupati Baddrut Tamam: “Pilkades Serentak Harus Sukses”

gas