Global-News.co.id
Pendidikan Utama

Pengcab Internasional IKA Unair AS Dilantik

Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Unair yang juga Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa

SURABAYA (global-news.co.id) – Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Unair yang juga Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Minggu (19/12) malam melantik Pengurus Cabang (Pengcab) Internasional IKA Unair Amerika Serikat.

Gubernur Khofifah mengatakan, peranan pengurus cabang internasional sangat penting dalam upaya pengembangan sumber daya manusia para alumni yang tersebar di beberapa negara. Utamanya memfasilitasi peluang dan potensi apa yang bisa dimanfaatkan bersama.

Khofifah mengatakan, dalam upaya kegiatan ekspor, misalnya, Jatim memiliki dua potensi yang bisa diperdagangkan di Amerika Serikat, yakni sektor manufaktur dan perhiasan.

Selama ini untuk ekspor ke AS, pengusaha Jatim harus melalui Singapura untuk bisa memperdagangkan produknya di Amerika Serikat. “Jika bisa langsung tentunya akan lebih menguntungkan kita,” katanya.

Lebih lanjut Khofifah mengatakan, dalam waktu dekat, dengan adanya fasilitasi Pengurus Cabang Internasional di AS, bisa bersama-sama memfasilitasi pengusaha asal Jatim untuk semacam membuat virtual bisnis meeting.

“Potensi dan peluang bisnis serta produk apa yang terbuka di Amerika Serikat. Tentu jika hal itu bisa terwujud, akan memberikan nilai tambah bagi eksporter asal Jatim,” ujarnya.

Saat ini, terdapat 70 orang anggota alumni IKA Unair yang berada di Amerika Serikat. Mereka tersebar di 15 negara bagian, namun sebagian besar berada di Kanada. (kmf)

baca juga :

Kapolsek Krian Bagikan Sembako Kepada Jurnalis, Gandeng DNY Skincare

gas

Bersama Puteri Indonesia 2020, Arumi Semangati Generasi Muda Kampong Tengger Sampang

Redaksi Global News

Magetan Rabbit Show, Menggali dan Memperbaiki Galur Kelinci Setempat

Redaksi Global News