Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Pembangunan Saluran Air Terkoneksi Laut, Macetkan Lalin dari Arah Jembatan Suramadu

Petugas Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya saat mengerjakan saluran air yang terkoneksi langsung ke laut di Jl Kedung Cowek

SURABAYA (global-news.co.id) – Pembangunan saluran air terkoneksi ke laut sebagai upaya mengantisipasi banjir di Jl Kedung Cowek, Kenjeran, Kota Surabaya, mengakibatkan kemacetan lalu lintas dari arah Jembatan Suramadu.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Irwan Wahyudrajad, di Surabaya, Selasa (7/12), mengatakan, pihaknya melakukan pengalihan arus lalu lintas di lokasi pembangunan saluran air di Jl Kedung Cowek sejak Senin (6/12).

“Selain pengalihan arus, kami juga melakukan pemasangan rambu lalu lintas agar tidak terjadi kepadatan di traffic light Jalan Kedung Cowek,” katanya.

Menurut dia, pihaknya sudah meminta jajarannya di Dishub untuk melakukan pemasangan rambu lalu lintas di Jl Kedung Cowek dari arah Jembatan Suramadu menuju ke Jl Nambangan.

Tujuan pemasangan rambu lalu lintas itu, lanjut dia, untuk memberikan informasi jalan alternatifnya, sehingga para pengemudi yang melintas dari arah Madura menuju Surabaya, bisa melalui jalan alternatif itu.

“Sudah kami pasang tanda panah untuk mengarahkan ke Jl Nambangan dan ada tanda peringatan pengerjaan jalan di traffic light Kedung Cowek,” ujarnya.

Irvan mengatakan pihaknya akan terus memantau lalu lintas di Jl Kedung Cowek. Sehingga, lanjut dia, jika nanti ada antrean panjang, maka pihaknya mengalihkan arus lalu lintas menuju Jalan Nambangan.

“Kemudian nanti bisa lewat Jalan Merr atau Jalan Dr Ir H Soekarno supaya tidak numpuk di satu titik,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya, Erna Purnawati, sebelumnya mengatakan, pengerjaan saluran ini untuk menindaklanjuti keluhan warga di kawasan Kelurahan Gading. Sebab, di kawasan tersebut sering terjadi genangan air dan lama surutnya ketika hujan.

“Makanya, Pemkot Surabaya membuatkan saluran baru agar terkoneksi dengan saluran air yang mengarah ke Jembatan Suramadu,” katanya.

Proses pengerjaan saluran di Jl Kedung Cowek selama empat hari ini, tidak ada kendala yang terlalu signifikan. Meskipun sempat terhalang pipa air PDAM, akan tetapi pipa air minum itu sudah bisa teratasi dengan baik, sehingga pengerjaannya dapat dilanjutkan sampai beberapa hari ke depan. (pur)

baca juga :

HUT Ke-60 Semen Indonesia, Semen Gresik Gelar Pengajian Akbar

Redaksi Global News

Pertamina Kenalkan Produk Petrokimia melalui Pengapalan Perdana Green Coke

Melalui Baznas, OSIS SMKN 1 Pamekasan Kirim Donasi Untuk Palestina

gas