Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Menuju Satu Abad NU, Cak Eri Terima Penghargaan Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif 2021

FJN memberikan penghargaan Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif Jawa Timur Tahun 2021 kepada Walikota Surabaya, Eri Cahyadi

SURABAYA (global-news.co.id) –
Forum Komunikasi (Forkom) Jurnalis Nahdliyin atau FJN memberikan penghargaan Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif Jawa Timur Tahun 2021 kepada Walikota Surabaya, Eri Cahyadi. Penghargaan ini diberikan lantaran Walikota Eri dinilai sebagai tokoh dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) yang menginspirasi anak-anak muda.

Penghargaan itu diserahkan oleh Koordinator Forkom Jurnalis Nahdliyin, Muhamad Didi Rosadi, bersama sejumlah perwakilan FJN kepada Walikota Eri Cahyadi di ruang kerjanya, Balai Kota Surabaya, Senin (27/12).

Walikota Eri menyampaikan terima kasih kepada FJN karena sudah diberikan kepercayaan sebagai salah satu tokoh muda inspiratif dari kalangan nahdliyin. Bagi dia, penghargaan ini akan jadi pemicu untuk memberikan yang terbaik baik masyarakat Kota Surabaya, dan terutama warga nahdliyin.

“Insya Allah dengan kebersamaan kita, dengan gotong-royong kita, dengan inspirasi yang sudah diberikan kepada saya, kita bisa memberikan yang terbaik bagi warga nahdliyin di Kota Surabaya,” kata Cak Eri–sapaan Walikota Eri seusai menerima penghargaan.

Dia juga mengajak jurnalis yang tergabung bersama FJN untuk bersama-sama berjuang memerangi kemiskinan di Kota Surabaya. Tentu saja pemerintah tak akan bisa bekerja sendiri tanpa adanya dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

“Mari kita bersama-sama ikhtiar, berjuang untuk melepaskan kemiskinan atau apa saja yang belum pas di Surabaya. Karena menurut saya, dengan kebersamaan inilah yang bisa membangkitkan,” ujar Cak Eri.

Apalagi Cak Eri menilai, saat ini adalah waktunya meningkatkan perekonomian masyarakat. Karena, tempat-tempat fenomenal seperti Sentra Ikan Bulak (SIB), Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Jembatan Suroboyo hingga Jembatan Sawunggaling, sudah dibangun oleh para pemimpin pendahulu.  “Nah, tinggal sekarang ini bagaimana kita menggerakkan ekonomi masyarakat,” kata dia.

Sementara itu, menuju satu abad atau 100 tahun NU pada 2026 mendatang, Cak Eri juga berharap, Muktamar NU yang ke-35 nanti dapat dilaksanakan di Kota Surabaya. Keinginannya ini tentu bukan tanpa dasar, karena Surabaya sendiri merupakan kota lahirnya NU pada 1926 silam.

Terlebih lagi, kata dia, ketika Resolusi Jihad diserukan Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari, kala itu para ulama dan kyai berkumpul di Kota Surabaya. Bahkan seluruh warga dari berbagai etnis, suku bangsa dan agama berjuang bersama di Surabaya untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia pada pertempuran 10 November 1945

Koordinator Forkom Jurnalis Nahdliyin, Muhamad Didi Rosadi menambahkan, setiap tahun FJN memberikan penilaian kepada tokoh-tokoh muda nahdliyin yang dianggap bisa memberikan inspirasi kepada anak-anak muda NU. “Di tahun 2021 ini ada 12 nama yang kami tetapkan sebagai Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif 2021. Salah satunya Mas Eri Cahyadi,” kata jurnalis yang akrab dipanggil Diday ini.

Tentu ada beberapa parameter yang menjadi dasar penilaian. Di antaranya, berusia muda, berasal dari kalangan nahdliyin atau NU dan juga memiliki kedekatan dengan para ulama NU.

“Kalau Mas Eri kan (usia) masih di bawah 45, kami anggap masih kriteria anak muda, terus NU. Kita sudah melakukan riset, dan Mas Eri sendiri tidak diragukan lagi ke-NU-annya, karena beliau juga masih keluarga Pondok Ndresmo (Sidosermo),” katanya.

Di samping berasal dari keluarga Pondok Ndresmo, Diday menyebut, program yang digagas Walikota Eri juga banyak menyasar kepada warga nahdliyin. Karena itu, pihaknya meyakini, mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini dapat menjadi contoh bagi anak-anak muda yang lain.

“Kita melihatnya Mas Eri itu milenial, ganteng, terus bisa ngaji, juga kita melihat amaliah-nya juga amaliah NU. Karena itu bisa menginspirasi anak muda yang lainnya, karena hari ini anak muda itu butuh contoh. Nah, kami melihat Mas Eri bisa menjadi contoh buat anak-anak muda yang lain,” ujarnya. (pur)

baca juga :

Hj Tuty Alawiyah Wafat

Erick Antarkan Pesan dan Harapan OjolET kepada Prabowo

Redaksi Global News

Jalur Pendakian Tetap Buka, Objek Wisata Kawasan Gunung Rinjani Tutup hingga Maret 2022

Redaksi Global News