Global-News.co.id
Nasional Utama

Mensos Risma Bantu Trauma Healing Anak-anak Pengungsi

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini membantu trauma healing anak-anak pengungsi

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini membantu trauma healing anak-anak pengungsi di Lapangan Desa Penanggal, Candipuro, Sabtu (11/12).

Berhiaskan balon warna-warni dan semarak tawa anak-anak menjadi warna tersendiri di tenda yang didirikan oleh Kementrian Sosial itu. Suasana tenda makin ramai dan ceria seiring hadirnya Menteri Sosial Tri Rismaharini. Mantan Walikota Surabaya tersebut berbaur dengan anak-anak dan para orangtua.

Mensos pun mengajak anak-anak bermain dan bernyanyi. Bersama para relawan, Mensos Risma menghibur anak-anak. “Ayo anak-anak kita bernyanyi ya. Ibu juga punya hadiah untuk kalian,” ujar Risma.

Kegembiraan pun berlanjut dengan pemberian mainan anak-anak. Semua anak mendapatkan aneka mainan yang sengaja dibawa oleh Mensos Risma untuk menghibur anak-anak di pengungsian. Boneka, mobil-mobilan dan aneka mainan dibagi merata untuk semua anak-anak.

Selain itu juga perlengkapan belajar seperti tas, alat tulis dan buku. “Siapa yang mau mainan ini? Sini maju. Ini untuk anak laki-laki ya, dan yang ini untuk anak perempuan. Kalian suka ‘kan,” ujar Risma sembari membagi mainan.

Anak-anak pun antusias menyambut mainan yang dibagikan oleh Mensos. Suara bersautan seakan menghapus duka yang mendalam akan bencana erupsi di tempat mereka.

“Saya bu, saya yang itu ya bu menteri. Asik” ujar Alan, salah satu anak yang ada di pengungsian.

Tak hanya membagikan mainan, Mensos pun mengajak anak-anak main kereta-keretaan. Mereka berbaris dan berjalan sambil bernyanyi mengelilingi beberapa tenda di Lapangan Tirtosari.

“Ayo siapa yang ikut main kereta keretaan? Nanti saya kasih hadiah,” ujar Mensos Risma yang disambut anak anak dengan gegap gempita.

Dalam kesempatan tersebut Mensos Risma juga menitipkan pesan untuk anak-anak agar tidak larut dalam kesedihan dan kembali bangkit. Risma juga minta anak-anak giat belajar agar tercapai cita-cita nya.

Selain bermain dengan anak-anak, Mensos Risma juga memberikan santuan kepada ahli waris korban jiwa Erupsi Gunung Semeru. Risma ingin agar mereka bisa ikhlas dan kembali bangkit serta tidak terus meratapi keadaan.

Kehadiran Mensos ke pengungsian juga diapresiasi Bupati Lumajang Thoriqul Haq. Cak Thoriq sapaan akrab Bupati Lumajang mengucapkan terima kasih kepada Mensos Risma yang membantu proses trauma healing bagi anak-anak terdampak Erupsi Gunung Semeru. Selain itu dia juga berterimakasih atas santuan yang juga diberikan Kementerian Sosial bagi korban meninggal dunia.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Bu Risma karena sudah hadir kembali di pengungsian, membantu proses trauma healing untuk anak-anak. Juga atas santuan bagi korban meninggal dunia. Sekali lagi kami sampaikan terima kasih,” ujarnya. (kmf, lmj)

baca juga :

Unair Siapkan Vaksin Virus Corona

Redaksi Global News

Harga Rumah Anjlok, AREBI Sebut Momen Tepat untuk Investasi

Tim Pelajar DKI Jakarta Juara Kedua Olimpiade Metropolis di Moskow

gas