Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Pendidikan Utama

Mahasiswa PEM Akamigas Kunjungi PT Pertamina RU IV Cilacap Secara Virtual

Kurang lebih 55 mahasiswa, secara virtual melakukan kunjungan ke PT Pertamina RU IV Cilacap

CILACAP (global-news.co-id) – Kondisi pandemik yang melanda dunia menjadi salah satu faktor penyebab teknologi komunikasi justru berkembang pesat. Banyak kegiatan yang sebelumnya hanya bisa dilakukan secara fisik, kini bisa dilakukan secara virtual. Seperti halnya yang dilakukan oleh AICHE-Himpunan Mahasiswa Teknik Pengolahan Migas.

Kurang lebih 55 mahasiswa, secara virtual melakukan kunjungan ke PT Pertamina RU IV Cilacap. Kunjungan yang dilakukan di hari Minggu, 26 Desember 2021 ini, dipandu oleh Suwasta Rizki Nugroho, Tester I Petrochemical and Gas Laboratory di PT Pertamina RU IV Cilacap.

Suwasta ini juga telah merasakan kuliah di PEM Akamigas untuk Diploma 1 Prodi Teknik Pengolahan Migas di tahun 2019 dan berharap untuk bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya. Kegiatan jalan-jalan virtual di PT Pertamina RU IV Cilacap ini diawali Suwasta dengan menerangkan bahwa saat ini PT Pertamina memiliki 6 Refinery Unit, di Dumai Plaju, Balongan, Cilacap, Balikpapan, dan Kasim-Papua Barat.

“RU IV Cilacap, terletak di Kabupaten Cilacap. Kilang minyaknya sendiri berada di tepi sungai Donan,” kata Suwasta seraya menampilkan gambar peta letak RU IV di Kabupaten Cilacap.

Suwasta juga menerangkan, hanya kapal kecil yang bisa sampai ke kilang minyak. Sedangkan untuk kapal crude oil yang lebih besar sudah disediakan jetty/dermaga tersendiri di area yang berbeda.

“Laboratorium RU IV Cilacap sebagai quality control itu berperan menjamin kualitas mulai dari bahan baku hingga produk. Di RU IV Laboratory sendiri terdiri dari 4 laboratory teknis, White Product Laboratory, Black and Non Fuel Product Laboratory, Petrochemical and Gas Laboratory, dan Research, Crude Evaluation, Water and Environment Laboratory,” tambah Suwasta.

ia juga menerangkan, tugas laboratorium RU IV Cilacap adalah sebagai pengontrol kualitas bahan baku, apakah sudah memenuhi persyaratan yang diperkenankan atau tidak. Selain itu juga sebagai pengontrol kualitas produk, apakah sudah memenuhi standar yang berlaku atau belum.

“Adapun sifat-sifat yang harus diuji di laboratorium ini adalah sifat kimia termasuk komposisi kimia, kandungan unsur kimia dan lain-lain. Sedangkan untuk pengujian sifat fisika adalah density, sg, viscosity, vapor pressure, dan lain-lain,” jelas Suwasta.

Meskipun secara virtual, pejalanan ke PT Pertamina RU IV Cilacap ini bisa memberikan gambaran nyata tentang berbagai pengolahan uji laboratorium yang dilakukan. Kunjungan industri ini juga menambah pengetahuan mahasiswa tentang apa saja yang dilakukan laboratorium industri. (rno)

baca juga :

Pemerintah Imbau Masyarakat Tak Mudik, Silaturahim Bisa dengan Video Call

Redaksi Global News

Taklukkan PSS 1-0, Madura United Raih Kemenangan Perdana

Redaksi Global News

Wujudkan SDM Unggul, Pelindo Bantu 49 Perangkat Komputer

Redaksi Global News