Global-News.co.id
Nasional Utama

Logistik Memadai, Bantuan Dana Diprioritaskan Mencukupi Kebutuhan Relokasi

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan donasi berupa uang untuk mencukupi kebutuhan relokasi

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan stok logistik memadai. Oleh karenanya donasi berupa uang yang terkumpul di rekening Baznas Lumajang akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan relokasi.

“Bantuan dalam bentuk logistik sudah mencukupi hingga 1,5 bulan ke depan, harapan kami bila masyarakat berkeinginan  membantu kami disalurkan berupa uang. Rekeningnya melalui Baznas Lumajang atau bantuan dalam bentuk material untuk proses relokasi,” ujar Cak Thoriq–sapaan Bupati Lumajang– usai mendampingi Menteri Sosial, Tri Rismaharini di Posko Pengungsian Lapangan Penanggal, Sabtu (11/12).

Bupati menjelaskan, kebijakan ini diambil agar bantuan dari masyarakat lebih tepat guna dan tepat sasaran. Salah satunya untuk pemenuhan kebutuhan penunjangan relokasi seperti hunian sementara, akses air, listrik hingga Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Sementara itu, terkait relokasi, bupati mengungkapkan Pemkab menyiapkan rencana titik relokasi di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro, Desa Oro-oro Ombo dan Supit Urang Kecamatan Pronojiwo.

“Salah-satunya di Lapangan Penanggal menjadi alternatif menjadi lokasi. Mekanisme relokasi adalah tempat yang aman dari potensi bencana erupsi Semeru. Kemudian sarana fasilitas lain terpenuhi misalnya air, listrik dan juga akses, untuk di Kecamatan Pronojiwo di Oro-oro Ombo dan Supit Urang nanti akan dipilih,” kata bupati.

Bupati menjelaskan, lebih dari 2 ribu KK membutuhkan relokasi. Saat ini Pemkab bersama Perhutani tengah mendata warga dan memetakan titik kawasan relokasi.

“Fixed kemarin awal yang akan kita siapkan adalah 6 hektar untuk pemukiman baru, ini memungkinkan ada penambahan apabila ada update terbaru,” kata dia. (kmf, uja)

baca juga :

Piala Thomas 2022: Ginting Menangi Laga Pembuka Perempat Final Lawan China

Putri Indonesia Akan Pakai Batik Pamekasan di Miss Universe 2021

gas

HPN 2022, PWI Madiun Beri Santunan  Panti Asuhan

gas