Global-News.co.id
Tapal Kuda Utama

Lintasarta Salurkan Donasi untuk Warga Terdampak Erupsi Semeru Lewat BAZNAS

LUMAJANG (global-news.co.id) –
 Perusahaan Information and Communication Technology (ICT) Total Solutions Lintasarta, turut menyalurkan donasi bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), donasi yang disalurkan akan dialokasikan untuk kegiatan Layanan Kesehatan dan Dapur Umum & Air yang menjadi kebutuhan utama bagi korban erupsi Gunung Semeru.
Penyerahan donasi tersebut diberikan secara simbolis oleh East Java Area Senior Manager Lintasarta, Feni Dwi Feptanto kepada Pimpinan BAZNAS RI Kolonel (Purn) Drs. Nur Chamdani di Posko BAZNAS Tanggap Bencana Semeru Lumajang Dusun Bulak Manggis, Desa Sumberejo, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (23/12/2021) senilai Rp 100 juta.
Feni berharap, dengan donasi yang diberikan oleh Lintasarta dapat turut serta memenuhi kebutuhan warga yang terdampak terutama kebutuhan kesehatan dan pangan sehari-hari.
“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Lintasarta kepada masyarakat dan pemerintah dalam menangani bencana. Lintasarta tidak hanya mementingkan profit perusahaan semata akan tetapi terus berkomitmen untuk menjalankan tanggungjawab sosial perusahaan di pilar Lintasarta Sehat Sejahtera seperti pada kesempatan ini,” ujarnya.
Pemberian donasi melalui BAZNAS, lanjut Feni, diharapkan penyalurannya dapat tepat sasaran dan sesuai dengan kebuthan warga terdampak saat ini. “Kami tentu ingin dapat memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan, dikarenakan masalah kesehatan dan pangan ini masih cukup tinggi maka kami mencoba ikut memenuhi diarea tersebut,” jelasnya.
Turut hadir dalam penyerahan donasi tersebut Tim Lintasarta Regional Wilayah Timur, Pimpinan BAZNAS Kab.Lumajang,Tim BAZNAS Tanggap Bencana (BTB), serta Tim CSR BAZNAS.
Pimpinan BAZNAS RI Kolonel (Purn) Drs. Nur Chamdani menyambut positif kerja sama pemberian donasi oleh Lintasarta. Menurutnya, bantuan Layanan Kesehatan dan Dapur Umum & Air akan sangat membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru.
“Hingga tanggal 20 Desember 2021, sebanyak 1.464 warga yang mengungsi tercatat menerima layanan kesehatan pada Pos Layanan Medis yang dibuka BAZNAS di Balai Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang,” jelasnya.
Tidak hanya itu, Nur Chamdani mengatakan, Dapur Umum pun menjadi salah satu aksi layanan kemanusiaan yang disediakan BAZNAS dalam penanganan bencana erupsi Semeru ini.
 “Untuk menyediakan makanan kepada korban bencana, kami juga memberdayakan ibu-ibu sekitar lokasi dapur umum. Dalam penyalurannya, BAZNAS berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti tokoh masyarakat dan kepala desa setempat. Tujuannya, agar penyaluran makanan terkoordinasi dengan baik dan para warga mendapatkan secara merata,” katanya.
Lebih lanjut, Nur Chamdani menjelaskan, beberapa layanan pun diberikan BAZNAS untuk para penyintas erupsi antara lain; Layanan Dukungan Psikososial, Layanan Evakuasi, dan Layanan Aksi Resik. BAZNAS juga mendistribusikan beberapa logistik antara lain; baby kit, hygiene kit, sarana air bersih, paket ibadah, dukungan tenda darurat, dan logistik makanan serta sayuran.
“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Lintasarta atas kepeduliannya membantu para korban erupsi melalui BAZNAS. Kami siap memberikan pelayanan terbaik bagi warga terdampak erupsi,” ujarnya.
BAZNAS memberikan pelayanan bantuan terhadap masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru sejak Sabtu, (4/12). Hingga pada Senin, (20/12), sebanyak 115 personel tim respons dan 19 tim medis BAZNAS telah terjun melayani warga terdampak. (hud)

baca juga :

Hari HAM se-Dunia, Gubernur Khofifah dan BPN Jatim Hadiahi Warga Korban Konflik Sosial Sampang dengan 239 Sertifikat Tanah

Redaksi Global News

Peringati Hari Lingkungan Hidup, ITS Tanam Pohon Tabebuya

Redaksi Global News

Promo Lebaran Seru dari Indonesia Flight

Redaksi Global News