Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

Lakukan Kejahatan Skimming di Bali, Dua Warga Turki Diciduk

Dua warga Turki diamankan petugas Polda Bali karena aksi skimming di wilayah provinsi tersebut. (foto: cnn)

DENPASAR (global-news.co.id) –  Kepolisian Daerah (Polda) Bali berhasil menangkap dua pria warga negara asing (WNA) asal Turki. Kedua WNA itu bernama Can Yigit (33) dan Musa Balca (34) yang melakukan tindak kejahatan skimming di wilayah provinsi tersebut.

“Telah diamankan dua warga Turki yang melakukan tindakan skimming di salah satu ATM di wilayah Bali,” kata Direktur Reskrimum Kombes Pol Ary Satriyan, di Mapolda Bali, Denpasar, Kamis (9/12).

Ia menerangkan terungkapnya aksi pelaku berawal dari petugas pihak Bank Mandiri yang melakukan pengecekan Mesin ATM di sebuah supermarket di Jl Raya Lukluk, Sempidi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, pada Jumat (19/11) lalu, pukul 01:00 Wita.

Saat dilakukan pengecekan, ternyata gembok pengunci rangka atau boks mesin ATM di dalam rusak dan di dalam boks mesin ditemukan sebuah alat berwarna putih berupa alat router yang telah terpasang dalam modem mesin. Akhirnya, pihak bank langsung melaporkannya ke Polda Bali.

Selanjutnya, saat dilakukan pengecekan CCTV terlihat dua pelaku tersebut datang ke mesin ATM mengendarai sepeda motor merk Vario dan memasang alat skimming tersebut.

“Terlihat para pelaku masuk ke dalam ATM, lalu membongkar gembok boks atau casing pada mesin ATM menggunakan kunci pass. Kemudian, memasang alat route dan juga memasang alat hidden camera pada bagian atas keypad mesin ATM,” imbuhnya.

Pihak kepolisian pun melakukan lidik dan analisa data pada Minggu (21/11) hingga Senin (22/11). Pihak kepolisian melakukan pengintaian di seputaran TKP. Pada pukul 01:30 Wita terlihat dua pelaku mengendarai sepeda motor merk Vario bernomor polisi Bali, DK, melakukan pemantauan di mesin ATM .

Petugas yang mencurigai gelagat aneh itu lalu membuntutinya hingga mengamankan dua WN tersebut di pinggir Jl Tangeb, Kabupaten Badung, Bali.

Polisi langsung melakukan penggeledahan di tempat tinggal sementara kedua pelaku di sebuah vila di wilayah Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung. Dari penggeledahan ditemukan barang bukti 1 set Wi-Fi Router, 21 buah kartu warna gold bertuliskan VIP dan berisi pin rekening, dan 201 kartu warna gold bertuliskan VIP tanpa nomer pin rekening.

Kecuali itu, 195 kartu warna putih tanpa pin, 1 buah magnetic card reader, uang senilai Rp 2 juta, dan sejumlah helm dan pakaian saat digunakan untuk beraksi memasang alat skimming.

“Modus operandinya, para pelaku memasang alat skimming berupa router pada modem Mesin ATM dan memasang alat hidden camera pada bagian atas keypad pin Mesin ATM. Untuk kerugian materil yang dialami senilai Rp 50 juta,” ujar Ary Satriyan.

Dari pengakuan para pelaku baru enam nasabah yang ditarik uangnya ada yang sekitar Rp 31 juta dan hingga Rp 50 juta. Untuk barang-barang skimming yang diamankan, para pelaku mengaku mendapatkan dari rekannya yang ada di Korea yang merupakan pelaku skimming juga dan saat ini masih dilakukan penyelidikan.

Namun, pihaknya menerangkan tidak menutup kemungkinan ada banyak korban dari kedua pelaku ini dan sementara para pelaku ini mengaku hanya melakukan di Bali.

“Para pelaku dari Turki ini baru saja di Bali. Makanya hanya merugikan beberapa nasabah. Tapi, kalau melihat kartunya masih banyak yang belum ditarik tapi kami masih kembangkan,” ujarnya. (cnn, ins, bli)

baca juga :

Tito Karnavian Ancam Pejabat Daerah yang Lakukan Pidana

Redaksi Global News

Maju Pilkada Pasuruan 2020, Gus Ipul Mundur dari Komisaris Utama PTPN III

Redaksi Global News

Kebakaran Lahan di California Luasnya Tiga Kali Lipat Wilayah Surabaya

Redaksi Global News