Global-News.co.id
Nasional Pendidikan Utama

Kompor Listrik Karya Mahasiswa PEM Akamigas Menangi Krenova Blora

Tim Dc Komtrik, terdiri dari Achmad Sevian Noor, Akbar Pratama, Ristakin, Aziz Zulhakim, Munggus F. Tuasuun

BLORA (global-news.co.id) – Melalui Komtrik (kompor listrik) mahasiswa Teknik Instrumentasi Kilang PEM Akamigas berhasil meraih juara 3 Inovasi Teknologi Tepat Guna. Itu dicapai dalam ajang Kreativitas dan Inovasi (Krenova) Tingkat Umum Pelajar Mahasiswa dan Perangkat Daerah Kabupaten Blora 2021.

Penyerahan hadiah bagi pemenang dilaksanakan di Bappeda Kab. Blora langsung oleh Bupati Blora, Arief Rohman pada 30 November 2021 lalu.

Krenova merupakan ajang kompetisi yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Blora setiap tahunnya. Mempertandingkan puluhan produk kreativitas dan inovasi dari berbagai kategori. Di antaranya adalah kategori umum, mahasiswa, pelajar, dan perangkat daerah.

PEM Akamigas, dengan tim Dc Komtriknya, terdiri dari Achmad Sevian Noor, Akbar Pratama, Ristakin, Aziz Zulhakim, Munggus F. Tuasuun, berhasil membawa produk kreatifnya yang berupa Dc Kompor Listrik meraih juara 3 di ajang ini.

Dc Komtrik ini merupakan kompor listrik berbasis tegangan DC skala rendah (low voltage DC).

Menurut Ristakin, salah satu anggota tim Dc Komtrik, bila dibandingkan dengan produk lain yang serupa, Dc Komtrik memiliki keunggulan. Di antaranya lebih ekonomis dan terjangkau, ringan, portable, aman, dan nyaman penggunaannya.

“Ini baru awal bagi kami, pastinya tim kami akan terus mengembangkan produk Dc Komtrik. Harapan kami Dc Komtrik bisa diproduksi massal sehingga memiliki manfaat luas bagi masyarakat Indonesia,” kata Ristakin, Sabtu (4/12).

Tim Dc Komtrik ini memilih tema kompor listrik sebagai salah satu upaya mendukung dan berpartisipasi dalam program pemerintah untuk mengurangi emisi karbon sebesar 29%.  Dengan merapkan teknologi CCUS (Carbon, Capture, Utilization, and Storage), serta mendukung program konversi LPG ke kompor listrik/induksi. (rno)

baca juga :

Bupati Gus Muhdlor Berangkatkan Bansos Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19

gas

50% Lebih DBHCT Dipakai Untuk Program Kesejahteraan Masyarakat

gas

Nasi Bungkus Berlabel Anjing Langgar Etika Bermasyarakat

Redaksi Global News