Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Jelang Penerapan SOTK Baru, Walikota Eri Mutasi Pejabat Pemkot Surabaya

Pelantikan pejabat dilakukan di lantai 2 Balai Kota Surabaya

SURABAYA (global-news.co.id) – Walikota Surabaya Eri Cahyadi menggelar mutasi pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Senin (20/12). Pelantikan pejabat itu dilakukan di lantai 2 Balai Kota Surabaya. Sejumlah Kepala Dinas Perangkat Daerah dilantik untuk mengisi jabatan baru atau sekadar mengikuti pelantikan karena perubahan nama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai SOTK (struktur organisasi dan tata kerja) baru.

Beberapa pejabat yang dimutasi di antaranya Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan, Erna Purnawati, dimutasi mengisi jabatan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat. Kemudian Kepala BPB dan Linmas, Irvan Widyanto, dipindah menjadi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, lalu Febria Rachmanita Kepala Dinas Kesehatan dipindah ke Asisten Administrasi Umum, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhsan menjadi Inspektur Pemkot Surabaya.

Seusai pelantikan, Walikota Eri mengatakan mutasi adalah hal yang biasa bagi ASN. Bahkan, nanti setiap dua tahun atau maksimal tiga tahun sekali seluruh pejabat akan dirotasi, agar merasakan menjabat ke semua OPD di lingkungan Pemkot Surabaya.

“Jika nanti sudah banyak yang merasakan menduduki banyak jabatan, mereka bisa saling melengkapi. Sehingga setelah pindah dari PD satu ke PD lainnya, bisa saling tetap komunikasi dan memberikan masukan,” kata Walikota Eri.

Dalam pelantikan kali ini, Walikota Eri juga melantik tiga orang staf ahli walikota. Alasannya, walikota tidak bisa berdiri sendiri sehingga membutuhkan pendamping. “Saya ingin kembalikan ke marwahnya. Siapa staf ahli walikota itu, ya orang-orang hebat yang mampu mendampingi walikota,” ungkapnya.

Walikota Eri juga menegaskan mutasi atau pergeseran pejabat ini bukan karena kesalahan. Bahkan, dia juga ingin menghapus paradigma tersebut. Sebab, pergeseran atau perpindahan pejabat itu adalah hal yang wajar, apalagi perpindahannya masih dalam satu rumah, yaitu rumah Pemkot Surabaya.

“OPD ini ‘kan seperti keluarga dalam satu rumah, yang mana di dalam rumah itu ada kamar-kamarnya, kalau pindah kamar ya jangan mikir saya salah apa? Itu wajar. Ini yang harus saya buang ke depannya,” ujarnya.

Walikota Eri memberikan ucapan selamat kepada pejabat yang dimutasi

Mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini berharap, setelah adanya mutasi ini pelayanan pada masyarakat semakin baik dan lebih cepat. Selain itu, pelayanannya lebih tepat sasaran sampai ke bawah.

Dalam penunjukan pejabat baru ini, Walikota Eri juga memastikan telah melalui asesmen yang melibatkan provinsi, melakukan pemetaan bahkan asesmen dengan metode 360. Setiap jenjang penilaian itu nilainya saling menguatkan antara satu penilaian dengan penilaian lainnya.

“Kita telah melakukan asesmen bekerjasama dengan provinsi. Kemudian melakukan pemetaan, cocoknya di mana pejabat itu ditempatkan. Kemudian ada lagi penilaian indikator yang jumlahnya ada sembilan. Di antaranya ada integritas, solutif, inovatif, kerjasama, loyalitas dan kenegaraan. Tak hanya itu, juga ada asesmen 360 yang penilaiannya dari bawahan, sejajar dan atasan,” jelasnya.

Walikota Eri juga meminta semua pejabat yang dilantik membuat inovasi yang berbasis teknologi. Sebab jika tidak, pelayanan di Pemkot Surabaya akan ketinggalan. Contohnya perizinan, harus menggunakan teknologi agar pelayanan itu cepat.

“Nanti setelah enam bulan, akan saya evaluasi. Jika hasilnya masih belum bisa, akan kita berikan waktu lagi enam bulan untuk membuat inovasi. Jika satu tahun itu tidak ada inovasi, ya kita ganti. Makanya inovasi ini sifatnya fardhu ain,” ujarnya. (pur)

baca juga :

Presiden Jokowi Undang Pemain Timnas Indonesia U-20 ke Istana

Sambut Ramadhan, MAS Gelar Cukur Rambut Gratis bagi GenZi

Redaksi Global News

Langganan Banjir, Warga Waduk Sepat Desak Normalisasi

Redaksi Global News