Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

Hijaukan Pesisir Indonesia, Pelindo Regional 3 Tanam 32 Ribu Bibit Mangrove

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 melakukan gerakan serempak menghijaukan pesisir pantai Indonesia, Rabu (1/12).

SURABAYA (global-news.co.id) – Dalam rangka memperingati Bulan Menanam Pohon Nasional pada Desember 2021, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 melakukan gerakan serempak menghijaukan pesisir pantai Indonesia. Sedikitnya 32 ribu bibit pohon mangrove ditanam di sejumlah lokasi guna mewujudkan program Hijaukan Indonesia.

Regional Head 3 Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki, menyampaikan, program penanaman bibit pohon mangrove ini merupakan salah satu implementasi program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan atau TJSL Perseroan dengan tujuan  melindungi habitat laut dengan menjaga keseimbangan ekosistem bahari serta mengurangi risiko bencana seperti abrasi dan tsunami di sekitar wilayah kerja Pelindo.

“Sebagai perseroan kami memiliki komitmen turut serta merawat lingkungan, oleh karenanya melalui program TJSL yang kami miliki, kami terus berupaya mewujudkan hal tersebut sehingga bisa memberikan dampak langsung pada lingkungan,“ kata Ardhy, Rabu (1/12).

Dalam kegiatan ini, sejumlah lokasi pantai yang dilakukan proses penanaman bibit mangrove oleh Pelindo Regional 3 di antaranya berada di Pantai Cilacap, Pasuruan, Probolinggo dan Buleleng Bali. Hasil dari gerakan penghijauan tersebut, sedikitnya 30 hektare area pantai di Indonesia berhasil ditanami bibit mangrove jenis Rhizophora dan Avicennia oleh Pelindo.

Mirrah Sammiyah selaku Ketua Perempuan Tani Kabupaten Probolinggo yang turut serta melakukan proses penanaman bibit mangrove bersama Pelindo di Pantai Bahak Probolinggo, menyampaikan apresiasinya kepada Pelindo atas kegiatan tersebut.

Menurutnya, penanaman mangrove ini tidak hanya memberikan dampak kelestarian lingkungan namun secara tidak langsung juga akan meningkatkan perekonomian warga khususnya nelayan dampak dari kembalinya habitat ikan tangkapan nelayan di sekitar wilayah mangrove.

“Terima kasih dan apresiasi kami ucapkan kepada Pelindo atas perhatiannya pada lingkungan pesisir salah satunya dengan menanam mangrove. Tak hanya menghindari abrasi, nantinya ini akan menghidupkan kembali habitat ikan sehingga nelayan pun bisa mendapatkan hasil yang lebih melimpah,” kata Mirrah. (tis)

baca juga :

Peringati HPN Ke-75, PWI Tuban Gelar Donor Darah dan Baksos

gas

Sikapi Video Aksi Mesum, Pemkab Minta Hukum Jalan Terus dan Pembinaan Ditingkatkan

Madura United Ditahan Tira Persikabo

Redaksi Global News