Global-News.co.id
Secangkir Kopi Utama

Hati-hati Surabaya Raya

Beberapa hari terakhir ini, hujan deras disertai angina kerap terjadi di Surabaya dan sekitarnya. Bahkan, BMKG Klas I Juanda mengeluarkan prakiraan cuaca sejumlah daerah di Jawa Timur diperkirakan hujan. Di Kota Surabaya, diperkirakan turun hujan deras disertai angin dan petir. Hujan di Kota Pahlawan ini diprediksi turun sejak siang hingga sore hari.

Hal yang sama diperkirakan juga terjadi di Sidoarjo dan Gresik. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan turun di dua Kabupaten tersebut pada siang hari hingga sore hari.

Prakiraan yang dikeluarkan, Rabu (29/12/2021) tersebut, dikatakan hujan lebat juga diperkirakan akan turun di kawasan wisata pada siang hingga sore hari, seperti di Kabupaten Mojokerto dan Kota Batu. Daerah Madura seperti Pamekasan serta Bangkalan juga diperkirakan akan turun hujan lebat disertai angin kencang. Hujan lebat juga diperkirakan turun di Bojonegoro, Magetan, Nganjuk, Trenggalek, Kediri, Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo. Di kawasan Pantura, meliputi Lamongan, Tuban diperkirakan cuaca mendung dan berpotensi hujan ringan pada siang hingga sore hari.

Melihat kenyataan alam seperti ini, anggota masyarakat memang sudah seharusnya berhati-hati dalam beberapa hari terakhir ini. Hujan deras dengan kurun waktu lama berpotensi banjir. Bila banjir datang juga mempunyai potensi , menggenangi dimana banjir itu berada. Ini juga mempunyai potensi untuk menimbulkan bencana alam.

Juga demikian dengan angina kencang yang menyertai hujan. Ini juga mempunyai potensi untuk terjadinya kerusakan. Tumbangnya pohon misalnya dan lainnya. Bertolak pada kenyataan inilah, kewaspadaan harus senantiasa kita terapkan. Juga demikian dengan arahan-arahan atau sosialisasi terhadap dampak hujan deras dan angin kencang itu sangatlah diperlukan, sehingga masyarakat benar-benar mempersiapkan diri.(*)

baca juga :

Erupsi Gunung Semeru, Jembatan Gladak Perak Putus Diterjang Lahar

Redaksi Global News

Intervensi Kampung Tangguh di Surabaya Raya Diklaim Berdampak Positif

Redaksi Global News

Siap Lanjutkan Tren Positif dalam Derby Jatim, Aji Tak Ingin Pemainnya Lengah

Redaksi Global News