Global-News.co.id
Nasional Utama

Gubernur Harapkan Solusi Jangka Panjang Ganti Gladak Perak Yang Putus

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, meninjau lokasi terdampak awan panas guguran (APG) Gunung Semeru

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, meninjau lokasi terdampak awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Kecamatan Pronojiwo menggunakan helikopter milik TNI AU, Senin (06/12).

Saat meninjau Gladak Perak yang terputus, Gubernur Jatim menjelaskan, pihaknya beserta Pemkab Lumajang, BNPB tengah membahas kemungkinan akses yang bisa dilakukan sebagai alternatif jalan penghubung Kecamatan Pronojiwo dengan Candipuro.

“Salah-satunya dengan menyiapkan jembatan gantung, tetapi setelah assesment oleh Kementerian PUPR, kemudian kalau jembatan gantung pertimbangannya berarti hanya bisa dilewati motor,” ujarnya.

“Kami berharap ada solusi jangka panjang, aksesibilitas dari Kecamatan Candipuro ke Pronojiwo ‘kan ini (Gladak Perak, red). Kalau kita mengajukan pembangunan jembatan maka akan kami lihat mana yang paling secure, misalnya menggunakan jalur yang lama kurang secure karena ada arus lahar material yang lewat situ,” katanya.

Baginya hal itu dilakukan sebagai upaya memberikan layanan quick respons untuk memberikan kepastian bahwa masyarakat di Kecamatan Pronojiwo juga terlayani dengan baik.

Hal yang sama juga dikatakan Bupati Thoriqul Haq, sinergisitas yang terbangun antar kepala daerah di Jawa Timur tak terlepas dari instruksi gubernur demi percepatan penanganan kegawatdaruratan bencana awan panas guguran Gunung Semeru.

“Terima kasih kepada Gubernur, pak bupati dan walikota di Jawa Timur yang bergotong-royong membantu kita, yang di Pronojiwo di-cover oleh Kabupaten Malang, Blitar, Kota Malang, Pasuruan juga ke sini, sekali lagi kami ucapkan terima kasih,” ujar bupati. (kmf, uja)

baca juga :

Tahlil dan Doa Untuk Ibunda Bupati Baddrut Tamam Digelar di 50 Masjid dan Pesantren

gas

Positivity Rate Covid-19 RI Masih di Angka 14,2 Persen

Redaksi Global News

Risma Nobar Film Ransel Lusuh Bareng Warga Putat