Global-News.co.id
Nasional Utama

Erupsi Semeru, Penanganan Bencana di Lumajang Patut Jadi Contoh Dunia

Langkah Satgas Bencana Semeru dalam penanganan kondisi darurat usai terjadinya APG Gunung Semeru diapresiasi

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Ketua Komisi XIII DPR RI, Yandri Susanto, bersama rombongan yang terdiri dari anggota DPR RI Komisi XIII, Badan Amil Zakat Nasional RI, Deputi Bidang Pencegahan BNPB RI, Kementerian Sosial RI dan Kementerian Agama RI meninjau sejumlah lokasi terdampak bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru dan Posko Utama Tanggap Darurat di Kantor Kecamatan Pasirian, Jumat (10/12).

Dalam kesempatan itu, Yandri mengapresiasi langkah Satgas Bencana Semeru dalam penanganan kondisi darurat usai terjadinya APG Gunung Semeru pada 4 Desember 2021 lalu.

“Kami ucapkan terima kasih, apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua jajaran, utamanya Pemerintah Kabupaten Lumajang yang sampai saat ini telah melakukan upaya terbaik dalam penanggulangan bencana,” ujarnya.

Ia pun mengungkapkan, peristiwa bencana yang terjadi di Kabupaten Lumajang dapat menjadi contoh penanganan bencana di berbagai wilayah. Pasalnya jumlah relawan yang ada saat ini, sudah mencapai hampir setengah dari pengungsi yang ada.

“Artinya Indonesia bisa dijadikan contoh dunia dalam menghadapi bencana, sifat empati, peduli sosial, saling tolong-menolong bisa kita tunjukkan kepada dunia,” ujarnya.

Tidak lupa, atas nama DPR RI, Yandri Susanto mengucapkan turut berduka cita atas kondisi yang saat ini sedang melanda masyarakat Kabupaten Lumajang dan sekitarnya.

Dalam kesempatan itu, Asisten Administrasi Setda Kabupaten Lumajang, Nugroho Dwi Atmoko, mengatakan, sampai saat ini masih dilakukan proses pencarian dan evakuasi terhadap korban APG Gunung Semeru yang masih belum ditemukan.

Ia pun mengucapkan terima kasih atas segala dukungan yang diberikan oleh semua pihak termasuk dari DPR RI

“Terima kasih ini merupakan support untuk kami di daerah, menyelesaikan sampai tuntas persoalan pasca bencana,” ungkapnya. (kmf, uja)

baca juga :

35 Instruktur Ikuti Tes Toska di Ole-Ole

gas

Bitrado, Gagasan Mahasiswa ITS untuk Dongkrak UMKM dan Pariwisata

Titis Global News

Peringati Hari Juang, Kodim 0804/Magetan Gelar Donor Darah

Redaksi Global News