Global-News.co.id
Nasional Utama

Erupsi Semeru, Menteri PPA dan Wabup Lumajang Hibur Anak-Anak di Tenda Pengungsian

Menteri PPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga, mengunjungi posko pengungsian di Lapangan Penanggal

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati mendampingi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga, mengunjungi posko pengungsian di Lapangan Penanggal Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Jumat (10/12).

Menteri PPA menyapa sejumlah anak-anak di tenda pengusian. Kedatangannya tersebut guna memastikan kondisi anak dan perempuan korban bencana Gunung Semeru mendapatkan perlindungan khusus, terutama kebutuhan spesifik dalam masa tanggap darurat.

“Kami harapkan juga mereka mendapatkan tempat pengungsian yang layak dan ramah anak, anak-anak dapat dicegah dari keterpisahan dengan orangtua atau keluarganya, dan anak-anak dapat dicegah menjadi korban diskriminasi dan perlakuan salah,” ujarnya.

Menteri PPA tersebut berharap pengungsi anak dan perempuan korban bencana Semeru tetap dapat dipenuhi hak-haknya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan bantuan yang diberikan Menteri PPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga.

Ia mengungkapkan, saat ini fokus pemerintah daerah adalah untuk memberikan perlindungan melalui relokasi untuk para korban bencana Gunung Semeru.

“Saat ini fokus pemerintah melakukan penanganan pasca bencana, relokasi warga terdampak. Lokasinya kita melihat peta tata ruang, peta kebencanaan, itu kami memilih yang zona aman,” ungkap dia.

Dalam kesempatan itu, Menteri PPA dan Wabup Lumajang juga mengajak anak-anak untuk bermain, melupakan sejenak peristiwa yang sudah menghilangkan rumah bahkan anggota keluarganya. (ins, kmf)

baca juga :

Aji Santoso: Sepakbola Bukan Sekadar Hitungan Matematis

Redaksi Global News

10 Mei 2020, Lion Air Group Buka Kembali Layanan Penerbangan Domestik

Maju Pilkada Pasuruan 2020, Gus Ipul Mundur dari Komisaris Utama PTPN III

Redaksi Global News