Global-News.co.id
Nasional Utama

Erupsi Semeru, Menteri BUMN dan Bupati Kerahkan Banser Bangun Huntara

Menteri BUMN Erick Thohir dan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq kerahkan Banser Lumajang untuk membangun hunian sementara.

LUMAJANG (global-news.co.id)
Menteri BUMN Erick Thohir dan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengerahkan Banser Lumajang untuk membangun hunian sementara (Huntara).

“Segera, begitu tempat ditentukan Banser siap bangun 20 unit, langsung akan kita kerjakan. Banser kita sudah terlatih membangun Huntara waktu gempa lalu,” ujar bupati saat Apel Personel Banser Tanggap Bencana di MTs Roudhotul Mustofa Penanggal.

Bupati menjelaskan, 2.970 unit rumah dan 31 fasilitas umum termasuk tempat ibadah dan sekolah rusak akibat awan panas guguran (APG) yang terjadi pada pekan lalu.

Bupati Lumajang juga menjelaskan, Banser Lumajang sejak hari pertama melakukan penyebaran untuk membantu meringankan saudara yang terkena Erupsi Semeru, baik yang membantu evakuasi maupun distribusi logistik ada 1.400 personel.

“Mereka semua sedang bekerja, dan ada juga sahabat Banser dari kabupaten lain yang membantu kami,” kata bupati.

Sementara itu, Menteri Erick Thohir menyampaikan, kehadirannya di Lumajang melakukan dua hal yakni sebagai pimpinan Yayasan Erick Thohir berkolaborasi bersama Pemkab Lumajang membantu pendanaan persiapan hunian sementara.

“Kami dari jajaran BUMN selalu harus siap turun ke bawah ketika ada kesulitan di masyarakat, karena itu sejak tahun lalu membentuk satgas ketika ada bencana alam,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Satgas di Jawa Timur yang dikoordinasikan oleh PT Petrokimia Gresik didukung 26 BUMN di Jawa Timur siap membantu Lumajang.

“Kita tuntaskan 3 hal, bagaimana relokasi sebagaimana arahan presiden, membantu membangun 20 Huntara dibantu Banser dan TNI serta menyiapkan MCK supaya fungsinya bisa dirasakan masyarakat dan memastikan pendidikan anak-anak tetap berjalan dengan 2.500 bantuan alat sekolah,” kata dia. (kmf, lmj)

baca juga :

Baddrut Tamam: Perlu Satukan Etos Kerja – Kecerdasan untuk Kemajuan Madura

gas

Bandar Sabu 1 Ton Asal Taiwan Gandeng WNI jadi Guide

nasir nasir

Musim “Barat”, Banyak Ikan Besar Terdampar di Pesisir Tuban

Redaksi Global News