Global-News.co.id
Nasional Utama

Erupsi Semeru, Masyarakat Diimbau Tak Risau soal Distribusi Bantuan

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menyambangi pengungsi

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Masyarakat diimbau tidak risau soal pendistribusian bantuan bencana erupsi Gunung Semeru. Hal ini menyikapi keluhan terkait distribusi bantuan yang dinilai lamban oleh para pengungsi.

“Pengungsinya juga gitu harus sabar, lebih memahami para petugas karena mereka juga lelah, Insya Allah semua terdistribusi tidak mungkin petugas itu menimbun karena bantuan ini berlebih, tolong saling memahami,” ujar Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, saat dimintai keterangan di Balai Desa Penanggal Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (9/12).

Bunda Indah mengimbau agar para relawan yang bertugas lebih telaten dan lebih sabar menghadapi pengungsi. Relawan diharapkan lebih sabar dalam melayani kebutuhan para pengungsi.

Mengenai pendistribusian ke warga terdampak yang berada di rumah-rumah, pihaknya juga telah menyiapkan relawan yang akan mendistribusikan bantuan sesuai kebutuhan.

“Kalau di pos pengungsian sudah pasti terdata kebutuhannya jelas, tetapi di rumah yang kurang, kita sediakan beberapa unit mobil untuk distribusi sesuai data dari kepala desa,” kata dia.

Ia menambahkan, saat ini pemkab telah memetakan dan berupaya merelokasi rumah warga terdampak. Warga yang bermukim di daerah zona merah akan direlokasi ke tempat yang lebih aman.

“Setelah penanganan pengungsian kita cari lokasi lahan, kami akan komunikasi dengan Perhutani, Pemerintah Daerah bersurat kepada Kementerian LHK, kemudian akan dibangun rumahnya dengan bantuan dari pusat. Saya harap ini tidak lama karena tidak mungkin masyarakat terus berada di posko pengungsian,” imbuhnya. (ins, kmf)

baca juga :

140 WN China Kembali Masuk Indonesia

gas

Bayi 3 Bulan Status PDP di Madiun Meninggal

Emil Dardak dan Istri Gunakan Hak Pilih di Trenggalek

Redaksi Global News