Global-News.co.id
Nasional Utama

Erupsi Semeru, Lahan Relokasi Telah Diteken Menteri LHK

Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar mengeluarkan SK Menteri terkait lahan Perhutani untuk relokasi

LUMAJANG (global-news.co.id) – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar mengeluarkan SK Menteri terkait lahan Perhutani untuk relokasi masyarakat terdampak bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

“Alhamdulillah, Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk lahan relokasi bagi masyarakat yang terkena bencana Erupsi Semeru telah saya terima. Itu artinya, tahapan relokasi masyarakat yang terdampak Erupsi Semeru segera kami mulai,” ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq, saat menerima kunjungan utusan Kementerian LHK di Pendopo Arya Wiraraja, Rabu (15/12) malam.

Sambil menitikkan air mata haru, SK Menteri LHK begitu berarti baginya untuk memastikan rakyatnya yang terdampak kembali hidup normal dengan aman dan nyaman. SK tersebut menjadi langkah awal dimulainya relokasi masyarakat terdampak APG Semeru.

“Diawali dengan penataan lahan dan penyiapan sarana dasar, akses jalan, jaringan listrik, saluran air bersih, sanitasi dan drainase. Insya Allah akan ada percepatan,” ujarnya.

Sementara itu, Danrem 083/ Baladika Jaya yang juga merupakan Dansatgas Ops. Semeru, Kolonel Inf. Irwan Subekti mengungkapkan jajaran TNI siap melakukan percepatan relokasi. Selain kesiapan personel, alat berat juga telah disiagakan.

“Kita Satgas dari unsur TNI, kita siap untuk mengawal penanggulangan bencana salah satunya relokasi, kita sudah siap untuk personel maupun alat berat,” ujarnya. (kmf, lmj)

baca juga :

Kaji Ulang Entitas Bisnis, Garuda Stop Pengembangan Anak Usaha

Redaksi Global News

Wagub Jatim Dorong PERGUNU Jadi Motor Penggerak KBM Berbasis Teknologi Informasi

Redaksi Global News

Jelang Natal, Gubernur Khofifah Bersama Forkopimda Jatim Tinjau Gereja

Redaksi Global News