Global-News.co.id
Nasional Utama

Erupsi Semeru, Kapolri Tinjau Korban dan Kesiapan Penanganan

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meninjau lokasi bencana dan kesiapan penanganan

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pihaknya memastikan kesiapan satgas dalam melaksanakan langkah-langkah merawat masyarakat yang ditemukan dalam kondisi luka serta kesiapan Tim DVI.

“Kita lihat kesiapan Tim DVI dan mencari informasi dari masyarakat sekitar. Tentunya ditambah dengan kegiatan evakuasi bagi masyarakat yang dilaporkan hilang,” kata dia saat konferensi pers usai melakukan peninjauan ke beberapa titik di Kecamatan Pasirian dan Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (6/12).

Listyo juga mengatakan, pos pengungsian saat ini sudah disiapkan trauma healing yang semuanya sudah berjalan dengan baik. Ia mengucapkan terimakasih kepada Basarnas, BNPB, TNI-Polri yang juga bekerja dengan bersinergi, sehingga semua tahapan bisa dilaksanakan.

“Ada tahapan yang harus dilaksanakan dalam jangka pendek, melakukan pencarian korban yang belum ditemukan dan melakukan evakuasi,” ujarnya.

Menurutnya, pendistribusian bantuan dan melakukan perawatan lanjutan untuk para korban dinilai sangat penting karena ada beberapa korban yang dalam kondisi kritis. Ada juga masyarakat yang perlu direlokasi karena lokasi tempatnya sangat berdekatan dengan erupsi.

Dia juga menerima keluhan dari masyarakat terkait adanya jembatan putus. Untuk itu, diharapkan perlu adanya langkah yang tepat untuk dibuatkan jalur transportasi baru.

Beberapa titik yang dikunjungi Kapolri yakni RS Pasirian, Posko Tim DVI Biddokkes Polda Jatim yang bertempat di KPRI Dwija Raharja Candipuro, serta dapur umum yang berada di Lapangan Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Candipuro. (kmf, uja)

baca juga :

Dewan Jatim Akan Berjuang Obat Tradisional Masuk Katalog BPJS

Redaksi Global News

Prevalensi Penderita Stunting Turun Tinggal 27,67 Persen

gas

Sosialisasi Pilkada Surabaya Tak Maksimal, Partisipasi Masyarakat Diprediksi Jeblok

Redaksi Global News