Global-News.co.id
Nasional Utama

Erupsi Semeru, Cak Thoriq Terima Bantuan dari Pemkab Sidoarjo

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, menerima bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo

LUMAJANG (global-news.co.id) – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, kembali menerima bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Kali ini, bantuan datang dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali kepada Bupati Lumajang, Thoriqul Haq di Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang, Selasa (14/12).

“Bantuan ini masuk Baznas Lumajang. Nanti kita buat untuk seluruh pemenuhan fasilitas relokasi,” ucap Bupati Lumajang yang akrab disapa Cak Thoriq tersebut.

Untuk operasional penanganan bencana, saat ini hanya menggunakan anggaran dari APBD Kabupaten Lumajang. Selain itu, Cak Thoriq menjelaskan bantuan logistik saat ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan para korban Erupsi Gunung Semeru selama 1,5 bulan ke depan.

Untuk itu, proses relokasi akan dipercepat agar bantuan logistik juga dapat tersalurkan ke masing-masing rumah sebagai pemenuhan kebutuhan logistik selama masa transisi pasca bencana.

“Makanya segera direlokasi supaya droping bantuan itu langsung ke rumah-rumah, jadi untuk hidup untuk masa transisi,” ungkapnya.

Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali menyampaikan bantuan tersebut merupakan hasil dari sumbangan ASN Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk meringankan beban korban Erupsi Gunung Semeru.

“Kami mengajak para ASN untuk menyumbang, ini sudah terkumpul 575 juta,” ujarnya. Ia berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat untuk penanganan bencana Erupsi Gunung Semeru.

Persaudaran Lumajang dan Bali

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq juga menerima kunjungan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) dan Bupati Jembrana, I Nengah Tamba di Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang, Selasa (14/12).

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq juga menerima kunjungan Wagub Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) dan Bupati Jembrana, I Nengah Tamba di Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang, Selasa (14/12)

Kedatangan rombongan dari Bali tersebut, bermaksud untuk memberikan bantuan kepada masyarakat Lumajang yang terdampak bencana Erupsi Gunung Semeru.

“Terima kasih pak Wagub, pak Bupati saya merasakan betul persaudaran, saudara dari Bali dan kami di sini sangat terasa hangat, hari ini kami dibantu, betul- betul meringankan beban kami yang saat ini sedang terkena bencana Erupsi Semeru,” kata Bupati Lumajang.

Sementara Wagub Bali, Tjok Ace berharap bantuan yang terdiri dari terpal, paket Sembako, matras, alat kebersihan, minyak telon, selimut, masker dan handsanitizer dapat bermanfaat bagai masyarakat Lumajang yang terdampak Erupsi Gunung Semeru.

“Mudah-mudahan sedikit membantu saudara-saudara kami di sini, bentuk empati kami,” ujarnya.

Di sisi lain, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba mengatakan Pemerintah Kabupaten Jembrana juga telah mengajak para ASN-nya untuk turut berpartisipasi membantu korban erupsi Gunung Semeru. Ia pun memberikan sejumlah bantuan logisitik dan uang tunai dari hasil sumbangan ASN di Lingkungan Pemkab Jembrana.

“Ikut membantu sekadar, kami mengumpulkan material untuk kebutuhan, ada dana tunai, ini sumbangan dari ASN di Kabupaten Jembrana. Semoga ini bisa meringankan, menghilangkan kesedihan akibat Erupsi Gunung Semeru ini,” katanya. (kmf, uja)

baca juga :

Jasa Raharja Jamin Santunan Puluhan Korban Kecelakaan Bus di Tol Sumo

Mundur Kembali ke Zona Orange, PBM-PTM di Pamekasan Dihentikan

gas

Sudah Kantongi Rekom, Dua Anggota DPRD Trenggalek Tak Kunjung Undurkan Diri

Redaksi Global News