Global-News.co.id
Nasional Utama

Erupsi Semeru, Bupati Tinjau Lahan Relokasi di Desa Sumbermujur

Cak Haq meninjau kembali lokasi yang akan dibuat tempat relokasi warga terdampak erupsi Gunung Semeru, di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kamis (23/12).

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, meninjau kembali lokasi yang akan dibuat tempat relokasi bagi warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru, di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kamis (23/12).

Saat tiba di lahan relokasi, Bupati Lumajang disambut oleh Komandan Satgas Semeru, Danrem 083 Baladhika Jaya Kolonel Inf Irwan Subekti, Dandim 0821 Lumajang, Letkol Inf Andi A Wibowo, dan Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lumajang berkeliling menggunakan kendaraan roda empat guna memastikan secara langsung lahan relokasi yang sudah diratakan saat ini mencapai 50% dengan luasan 40 hektar.

“Ini tempat relokasi yang berada di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro. Kali ini saya mau melihat secara langsung lokasi yang paling ujung yang sekarang sedang diratakan oleh teman-teman dari satuan TNI,” ujarnya.

Ditambahkan, lahan relokasi yang luasnya 81 hektar nantinya akan dibangun sekitar 2.000 rumah, setiap keluarga mendapatkan tanah ukuran 10 × 14 meter persegi. Di lokasi relokasi juga akan dilengkapi sarana fasilitas umum, sosial dan kesehatan.

“Untuk hunian sementara yang akan dibangun itu diputuskan agar diselesaikan dulu secara pengurusan, dengan mekanisme hunian sementara berada di belakang, kemudian dipersiapkan pembangunan hunian tetap, sehingga nantinya hunian sementara dan hunian tetap akan menjadi satu,” tambahnya.

Selanjutnya, Bupati berkeinginan relokasi tersebut menjadi lebih representatif, termasuk dengan sarana atau fasilitas olahraga dan lainnya. Dengan begitu, lokasi relokasi warga yang terdampak Erupsi Gunung Semeru akan menjadi model desa baru yang terintegrasi antara satu tempat dengan tempat yang lain. (kmf, lmj)

baca juga :

Bank Jatim Raih Indonesia Top Bank Awards 2022

Redaksi Global News

Pertamina MOR V Luncurkan Generasi Baru SPBU Pasti Prima

Redaksi Global News

Imbas Corona, Perludem Desak KPU Tinjau Ulang Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020

Redaksi Global News