Global-News.co.id
Nasional Utama

Erupsi Semeru, Anak-Anak Terdampak Mendapatkan Trauma Healing

Anak-anak terdampak erupsi Gunung Semeru di tempat pengungsian mendapatkan trauma healing

LUMAJANG (global-news.co.id) – TNI Komando Distrik Militer 0821 Lumajang dan Dinas Kesehatan memberikan trauma healing pada anak-anak terdampak erupsi Gunung Semeru di tempat pengungsian, di Masjid An Nur Dusun Poncosumo, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Minggu (19/12).

Babinsa Banyuputih Koramil 0821/12 Jatiroto saat kegiatan tersebut menerangkan, penanganan trauma healing pascabencana menjadi salah satu bentuk layanan psikososial yang diberikan pada korban atau masyarakat terdampak.

Menurutnya, kali ini trauma healing lebih difokuskan dengan terapi psikososial. Oleh karena itu, diharapkan akan membantu korban agar mampu melanjutkan hidupnya, mengingat keberlangsungan hidup salah satunya anak-anak menjadi prioritas.

“Fokus kita pada trauma healing ini yakni menurunkan tingkat kecemasan dan mengembalikan kondisi emosional anak-anak pascabencana erupsi. Dengan berbagai macam permainan yang dilakukan secara individu maupun kelompok,” ujar dia.

Ia menambahkan, dampak psikologis bagi anak-anak lebih berat jika dibandingkan dengan orang yang sudah dewasa. Oleh karena itu, penting bagi semua pihak untuk mendampingi dan membantu anak-anak supaya kesehatan mentalnya terjaga atau tidak mengalami masalah.

“Karena mereka masih belum memahami apa yang terjadi. Anak-anak masih belum punya pengalaman yang cukup untuk mengahadapi situasi, terlebih situasi yang sulit,” imbuhnya. (kmf, uja)

baca juga :

Legislator dan KSH Bantu Tangani Anak Stunting di Surabaya

Redaksi Global News

New Normal, Forkopimda Jatim Bagikan Dua Juta Masker

Redaksi Global News

Biden Bertekad Kalahkan Trump, Akhiri ‘Masa Kegelapan’ AS

Redaksi Global News