Global-News.co.id
Nasional TNI Utama

Erupsi Gunung Semeru, Semua Aset TNI Dikerahkan Bantu Korban

Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa menyiagakan sejumlah aset yang dimiliki TNI untuk membantu penanganan bencana erupsi Gunung Semeru

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal TNI Andika Perkasa menyiagakan sejumlah aset yang dimiliki TNI untuk membantu penanganan bencana erupsi Gunung Semeru di Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro.

Hal itu diungkapkannya saat meninjau lokasi bencana di Kabupaten Lumajang, Minggu (5/12). “Saya serahkan aset dan prajurit kepada Kepala BNPB karena komando harus satu, kami menyiagakan dua Posko, di Pronojiwo dan Candipuro,” ungkapnya.

Untuk memaksimalkan penanganan dampak Erupsi Gunung Semeru, Jenderal TNI Andika juga menyiagakan sejumlah tim medis, alat berat, fasilitas kesehatan dan helikopter.

“Kami sudah mendorong personil dari angkatan darat, jumlahnya setingkat satu bataliyon,” imbuhnya.

Dari sisi kesehatan, telah disiagakan 14 ambulans untuk melakukan evakuasi serta fasilitas kesehatan yaitu Rumah Sakit Angkatan Darat (RSAD) di Jember, Malang dan Surabaya.

Selain itu juga disiagakan tim dokter dari RS Dr Munir Malang dan RS TNI Lanud Abdulrachman Saleh, serta tim dari RS Pusat TNI Angkatan Laut (RSPAL) Dr Ramelan Surabaya, serta dokter spesialis bedah plastik untuk korban luka bakar serius.

Dari sisi alat berat, pihaknya telah mengirim 3 unit buldoser, 6 unit ekskavator, 3 unit black hole loader, 7 unit dumptruck, 2 unit penjernih air dan 1 tangki air untuk kebutuhan di Kecamatan Candipuro. Sementara untuk di Kecamatan Pronojiwo  dikirimkan 1 unit buldoser, 3 unit black hole loader, 3 unit ekskavator, dan 3 unit dumptruck.

“Alat-alat tadi tinggal dimonitor saja, alat komunikasi juga sudah siap, kita ada HT berbasis IT, nanti kita pinjamkan untuk memudahkan komando,” tuturnya.

Sedangkan untuk memudahkan mobilitas dan mempercepat pendistribusian bantuan, Helikopter Superpuma dan Hercules juga disiagakan di Malang.

“Helikopter kami flexible, nanti akan di-standby-kan di Malang. Jika dibutuhkan, hercules juga siap terbang dari Makassar dan Malang. Kita akan mendorong bantuan dengan cepat,” kata dia. (kmf, uja)

baca juga :

Jalan Paving Rusak, Satgas TMMD Turun Tangan

Titis Global News

Menunggu Vaksin Terawan

Titis Global News

Hari Pertama PSBB Surabaya, Terjadi Antrean Panjang di Bundaran Waru

Redaksi Global News