Global-News.co.id
Nasional Utama

Erupsi Gunung Semeru, Presiden Joko Widodo Sampaikan Duka untuk Lumajang

LUMAJANG (global-news.co.id) – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyampaikan duka atas bencana erupsi Gunung Semeru yang melanda masyarakat Lumajang.

“Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya juga menyampaikan dukacita yang sangat mendalam atas korban yang meninggal dan luka-luka. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan perlindungan kepada kita semua,” tulisnya melalui akun Instagramnya @jokowi, Minggu (5/12).

Presiden Jokowi juga meminta agar seluruh pihak melakukan tindakan dan langkah tanggap darurat secepat mungkin serta melakukan evakuasi dan memberikan perawatan kepada para korban bencana.

“Sesaat setelah mendapatkan laporan tentang bencana tersebut, saya memerintahkan kepada Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, dan juga kepada Panglima TNI, Kapolri, Gubernur, dan Bupati Lumajang untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin,” lanjutnya.

“Bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur harus dapat diselesaikan dalam waktu singkat,” imbuhnya.

Presiden juga mengimbau masyarakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan dan selalu meningkatkan kewaspadaan. Indonesia yang berada di wilayah cincin api rawan terhadap aktivitas alam seperti erupsi gunung berapi. Karena itulah, kepada daerah dan pejabat pemerintah, Presiden Jokowi meminta selalu waspada dan mengajak masyarakat siaga dan saling bekerja sama mengantisipasi datangnya bencana. (ins, kmf, lua)

baca juga :

Liga 1: Lawan Persija, Arema FC Main Lepas dan Target 3 Poin

Redaksi Global News

Layanan di RSUD Soewandhie Jadi Sorotan Pimpinan DPRD Surabaya

Liga 1: Sape Kerrab Incar Hasil Positif Saat Jamu Persis

Redaksi Global News