Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

Erupsi Gunung Semeru, PLN Utamakan Keselamatan dalam Pulihkan Listrik Pelanggan

Petugas PLN memulihkan suplai listrik di beberapa titik di Kabupaten Lumajang. Setidaknya ada 112 gardu dan 30.523 pelanggan yang terdampak.

LUMAJANG (global-news.co.id) – PT PLN (Persero) fokus mempercepat pemulihan suplai listrik terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di beberapa wilayah Kabupaten Lumajang.

Pada Sabtu, 4 Desember 2021, gunung berketinggian 3.676 meter itu mengalami peningkatan aktivitas vulkanik yang ditunjukkan dengan terjadinya guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Akibatnya, distribusi listrik di Lumajang pun terganggu.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Adi Priyanto, mengatakan, petugas PLN mengutamakan keselamatan masyarakat dalam memulihkan suplai listrik di beberapa titik di Kabupaten Lumajang. Ia merinci, setidaknya ada 112 gardu dan 30.523 pelanggan yang terdampak.

“Hingga Sabtu malam, petugas PLN berhasil memulihkan dan menyalakan kembali 30 gardu terdampak. Alhasil sudah ada 7.508 pelanggan terdampak telah mendapatkan suplai listrik,” katanya dalam keterangan resmi, Sabtu(4/12) malam.

Hingga kini masih 82 gardu distribusi dan 23.015 pelanggan yang terdampak padam. Adi menjelaskan, beberapa daerah yang masih padam belum dapat dijangkau oleh petugas PLN dikarenakan adanya akses jalan utama (Jembatan Perak Piketnol) yang roboh akibat erupsi.

“Saat ini akses menuju lokasi masih tertutup, akibat patahnya jembatan Perak di Pronojiwo. Personel PLN segera mengamankan pasokan listrik di lokasi terdampak saat akses kembali dibuka, tentunya dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan seluruh personel dan berkoordinasi dengan BPBD dan TNI Polri,” papar Adi.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi turunnya abu panas lanjutan, di tengah intensitas hujan dan cuaca ekstrem yang menyertai.

“Bagi masyarakat jangan berada di dekat jaringan listrik, gardu, panel PJU ataupun pohon yang berpotensi roboh ketika terjadi cuaca ekstrem,” imbuhnya.

Bagi masyarakat yang melihat terdapat potensi bahaya ketenagalistrikan atau membutuhkan layanan PLN dapat mengubungi melalui aplikasi PLN Mobile atau contact center PLN 123. (tis, fan)

baca juga :

Pansus Nilai Program Penanggulangan Kemiskinan Surabaya Perlu Ditingkatkan

Redaksi Global News

Antisipasi Virus Omicron, Pemkot Surabaya Perketat Prokes dan Galakkan Tracing

Redaksi Global News

Pemkot Surabaya dan Baznas Tebus Ijazah 1.040 Pelajar

Redaksi Global News