Global-News.co.id
Nasional Tapal Kuda Utama

Erupsi, Gunung Semeru Luncurkan Panas Guguran

Gunung Semeru erupsi sore ini

LUMAJANG (global-news.co.id) – Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) mengalami erupsi yang disertai panas guguran dan hujan abu vulkanik cukup tebal.

Kondisi ini  hingga menyebabkan dua kecamatan terpantau gelap gulita di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12) sore.

Dilaporkan gunung tertinggi di Pulau Jawa itu mengalami erupsi yang disertai awan panas guguran, Sabtu (4/12) sekitar pukul 15.00 WIB.

“Terjadi peningkatan aktivitas gunung berapi Semeru disertai awan panas guguran,” kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur (Jatim), Budi Santosa melalui keterangan tertulisnya.

Ia memaparkan hujan abu juga terjadi di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, serta Supiturang, Pronojiwo, Lumajang. Warga diminta untuk menyelamatkan diri.

Budi juga memperingatkan agar warga yang berada di sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru mengevakuasi diri ke wilayah yang aman. Dilaporkan guguran material letusan Semeru dan awan panas menuju Curah Kobokan, Lumajang.

“Diimbau menjauhi daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru,” ucapnya.

Meski begitu belum diketahui berapa jumlah korban dan dampak kerusakan akibat erupsi Gunung Semeru ini. “Korban nihil, tampak dalam pendataan,” ucapnya.

Saat ini, kata dia, Agen Bencana Jatim dan BPBD Kabupaten Lumajang menuju lokasi untuk assessment dan melakukan evakuasi warga di sekitar Gunung Semeru. (ins, cnn)

baca juga :

Digugat, BBWS Tetap Bongkar Bangli Bantaran Sungai

Redaksi Global News

PLTS Hybrid Selayar Segera Beroperasi, Terbesar di Sulsel

Kapolda Lantik Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo sebagai Wakapolda Jatim

Redaksi Global News