Global-News.co.id
Nasional Utama

Erupsi Gunung Semeru, Lima Ibu Melahirkan di Posko Pengungsian

Bunda Indah sebut lima ibu melahirkan saat di Posko Pengungsian bencana erupsi Gunung Semeru

LUMAJANG (global-news.co.id) – Lima orang ibu dikabarkan melahirkan saat berada di Posko Pengungsian Bencana Erupsi Gunung Semeru. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati (Bunda Indah), saat dimintai keterangan di Rumah Tunggu Ibu Melahirkan Desa Pasirian Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (19/12).

Bunda Indah juga menyampaikan, hampir semua yang melahirkan terpaksa menjalani operasi sesar karena belum mencapai hari perkiraan lahir bayi. “Hampir semua operasi, mungkin karena stress, ketakutan atau bahkan trauma akibat erupsi Gunung Semeru,” ungkapnya

Selain itu, disampaikan Bunda Indah, masih ada 14 calon ibu yang diperkirakan akan melahirkan pada waktu dekat. Maka dari itu, pihaknya sudah meminta jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang untuk menyiapkan tempat yang nyaman bagi para ibu dan bayi pasca proses lahiran.

Dirinya juga meminta agar tenaga kesehatan juga membantu menghilangkan trauma pada ibu bayi dan memantau kondisi ibu dan bayi pasca melahirkan. “Tetap pada pantauan medis, para bidan menjaga supaya sang ibu traumanya hilang, biar ASI-nya lancar,” kata dia. (kmf, lmj)

baca juga :

Malaysia Masters 2022: Fajar/Rian Sabet Juara Ganda Putra

Pastikan Perjalanan Mudik Aman, Polresta Sidoarjo Tes Urine Kru Bus

gas

Kembangkan Program Ekonomi Kreatif UMKM Ramah Lingkungan, Pertamina Tuban Raih Penghargaan pada Ajang E2S Award 2022

Redaksi Global News