Global-News.co.id
Nasional Utama

Cukup Finger Print, Pengungsi Bisa Urus Adminduk yang Hilang/Rusak

Dengan sidik jari secara otomatis dokumen kependudukan satu keluarga sudah diketahui

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang bersama Ditjen Dukcapik Kemendagri membuka pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat terdampak awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Balai Desa Penanggal dan Balai Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (9/12).

Saat dimintai keterangan, Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Informasi Dispendukcapil, Hariyanto, menjelaskan,  masyarakat dapat mengakses pelayanan administrasi kependudukan seperti pengurusan KTP, KK, KIA, hingga akta kelahiran cukup menggunakan finger print.

“Dengan sidik jari secara otomatis dokumen kependudukan satu keluarga sudah diketahui dan langsung bisa kita cetak,” jelasnya.

Hariyanto juga menjelaskan, pelayanan tersebut akan dilakukan selama 7 hari ke depan di 2 posko, yakni Balai Desa Penanggal dan Sumbermujur. Oleh karena itu, dirinya berharap pelayanan tersebut dapat dimanfaatkan l masyarakat, terutama para pengungsi yang kehilangan administrasi kependudukannya.

“Masyarakat yang terdampak dilayani terkait dokumen kependudukan KK, akta, KTP, KIA dilayani semuanya, untuk KTP dibawakan 4 ribu blangko KTP,” ujar dia. (kmf, ins)

baca juga :

Sri Mulyani Bidik Cukai Minuman, Plastik, Emisi BBM

Redaksi Global News

AVC Challenge Cup 2023: Kalahkan Taiwan, Voli Putri Indonesia ke Final

Sandiaga Uno Deklarasikan Dukung Pasangan Nomor 2 di Pilwali Surabaya

Redaksi Global News