Global-News.co.id
Nasional Utama

Cuaca Cerah, Gunung Semeru Terpantau Jelas

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Memasuki hari ke delapan pasca terjadinya awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, aktivitas gunung tersebut dari pantauan Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) di Gunung Sawur, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, terpantau stabil.

Pada periode pengamatan per tanggal 11 Desember 2021,  pukul 00.00 – 06.00 WIB, Gunung  Semeru setinggi 3.676 mdpl terpantau jelas, sementara asap kawah tidak teramati.

“Visual gunung jelas, asap kawah tidak teramati. Teramati kepulan asap tinggi 50 meter dari kawah, arah kepulan ke utara,” ungkap petugas PGA, Liswanto, Sabtu (11/12).

Sementara kegempaan terpantau sempat terjadi guguran dengan jumlah 3 kali amplitudo: 2-3 mm, durasi: 10-12.5 detik. Sedangkan hembusan 1 kali dengan amplitudo: 1 mm, durasi: 50 detik dan tektonik jauh terjadi sejumlah 1 kali dengan amplitudo: 10 mm, S-P: 15 detik, durasi: 48 detik.

Aktivitas Gunung Semeru masih dalam level II Waspada. Namun demikian masyarakat atau pengunjung tetap diimbau tidak beraktivitas dalam radius 1 km dari kawah/puncak Gunung Semeru dan jarak 5 Km arah bukaan kawah di sektor tenggara-selatan.

Kecuali itu mewaspadai awan panas guguran, guguran lava dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di Puncak Gunung Semeru.

Radius dan jarak rekomendasi tersebut akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya.

“Agar masyarakat menjauhi atau tidak beraktivitas di area terdampak material awan panas karena saat ini suhunya masih tinggi. Perlu diwaspadai potensi luncuran di sepanjang lembah jalur awan panas Besuk Kobokan,” imbuh Liswanto. (kmf, lmj)

baca juga :

Pelaksanaan PSBB di Surabaya Jangan Sekadar Menggugurkan Kewajiban

Redaksi Global News

Pasca Puting Beliung di Krian, Polisi Kerja Bakti bersama TNI dan Warga

Redaksi Global News

Peristiwa Kecelakaan Vanessa Angel, Polisi Periksa Sejumlah Saksi

Redaksi Global News