Global-News.co.id
Sport Utama

Coba Pemain U-18, Aji Ingin Orbitkan Potensi Internal di Tim Senior

Lima pemain Persebaya U-18 perkenalkan diri di depan tim senior. (foto: Persebaya)

SURABAYA (global-news.co.id) –
Tim Persebaya Surabaya kembali menjalani latihan untuk persiapan seri keempat Liga 1 musim 2021/2022. Waktu sekitar dua pekan menjelang laga melawan Bali United yang rencananya digelar 5 Januari 2022, dimanfaatkan coach Aji Santoso untuk meramu timnya. Termasuk memberikan kesempatan bagi lima pemain Persebaya U-18 berlatih bersama tim senior.

Kelimanya bermain di berbagai posisi. Afizal Danilo dan Ilham Akbar Prasetyo berposisi sebagai bek tengah. Sementara Mochammad Jiddan lebih ke kanan sebagai bek sayap. Sedangkan Muhammad Rafi dan Mahardika masing-masing memiliki posisi asli sebagai gelandang bertahan dan penjaga gawang.

Mereka menjadi bagian Persebaya U-18 yang berkompetisi di Elite Pro Academy musim 2021. Gelar juara ketiga berhasil mereka amankan, meski dengan waktu persiapan yang cukup terbatas.

Kesemuanya diberikan Aji Santoso untuk unjuk gigi dalam satu pekan ini. Tidak menutup kemungkinan mereka yang dianggap layak bisa bergabung dengan tim senior. Kebetulan dalam waktu dekat jendela transfer juga terbuka.

“Saya mau beri kesempatan pemain muda Persebaya. Saya dengar ada yang bagus dan saya sendiri minta mereka untuk ikut latihan,” kata mantan juru taktik timnas Indonesia tersebut.

“Saya tidak peduli posisinya apa. Kalau bagus mereka bisa bergabung dengan tim senior,” lanjutnya.

Aji mengapresiasi kualitas kelima pemain U-18 yang mengikuti latihan selama 90 menit bersama tim senior. Seluruh rangkaian latihan mulai dari pemanasan hingga mini game dapat dijalani dengan baik. Meski menurut Aji, masih perlu ada sentuhan khusus untuk menyempurnakan bakat mereka.

Kelima pemain Persebaya U-18 melakukan pemanasan bersama anggota tim senior. (foto: Persebaya)

“Mereka pemain muda potensial, postur bagus. Tapi sebagai pemain muda harus lebih banyak diarahkan bagaimana bermain sepakbola yang benar,” ungkap Aji.

Lebih jauh, Aji juga memiliki visi untuk mengisi skuad Persebaya dengan mayoritas pemain asli binaan sendiri. Targetnya 2024 nanti, pemain jebolan kompetisi internal dan tim junior akan menjadi tulang punggung tim kebanggaan arek-arek Suroboyo.

Untuk mewujudkannya, Aji memulainya dari sekarang. Saat ini saja, sedikitnya lima pemain sudah bergabung dengan Persebaya untuk mengarungi kompetisi musim 2021/2022. Marselino Ferdinan dan Akbar Firmansyah menjadi pemain paling sering dimanfaatkan tenaganya.

Sementara Dicky Kurniawan, Fernando Pamungkas dan Ruy Arianto masih menanti kesempatan bermain. “Nanti 2024 pemain dari internal akan punya nilai lebih. Saya yakin anak yang main di Surabaya selalu ingin bermain untuk Persebaya. Impian itu yang ingin saya wujudkan,” kata dia. (edt, ins, sba)

baca juga :

Pembangkit Rp 19 Triliun Resmi Beroperasi, Suplai Listrik 1 Juta Lebih Pelanggan RT

Redaksi Global News

Menkeu Klaim Omnibus Law Bisa Bantu RI Keluar dari Negara Berpendapatan Menengah

Redaksi Global News

Kebijakan New Normal, Pemprov dan Kab/Kota se-Jatim Diminta Beri Perhatian Khusus ke Ponpes

Redaksi Global News