Global-News.co.id
Nasional Utama

Cheng Hoo-PITI Buka Warung Gratis bagi Terdampak Erupsi Semeru

HA Nurawi (kanan) bersama rombongan turun langsung ke lokasi bencana untuk membagikan bantuan

SURABAYA (global-news.co.id) –  Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia (YHMCHI) bersama Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Jatim melakukan kegiatan bhakti sosial (Baksos) Peduli Erupsi Semeru.  Pada tahap awal, yakni dengan membuka dua Warung Gratis, di sisi Malang dan sisi Lumajang. Warung ini mendapat sambutan positif warga terdampak erupsi Semeru.

Di sisi Kabupaten Malang Warung Gratis dibuka di samping Kantor Desa Oro Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang yang dikomandani oleh H. Priyono, penghimpun dana dan arsitek tunggal Masjid  Muhammad Cheng Hoo dengan alamat Jalan Raya Lintas Selatan, Sendang Biru, Balaikambang, Malang Selatan. Sementara di sisi Lumajang, warung di buka di Jl. Panjaitan 40 Lumajang yang dikomandani oleh H. Jusuf Satryo, Ketua PITI Lumajang.

Di Oro Oro Ombo, Pronojiwo warung menyediakan nasi beserta lauk pauk yang bisa dimakan di tempat bagi warga terdampak maupun para relawan. Di samping itu, warung ini juga membagikan nasi kotak secara langsung ke tempat pengungsian. Setiap harinya disediakan sekitar 400 nasi kotak. Warung ini dibuka sejak Rabu (8/12/2021). Sementara warung yang ada di Jl. Panjaitan 40 Lumajang dibuka sejak, Jumat (10/12/2021). Di warung ini setiap harinya disediakan sekitar 150 nasi kotak dan diantar langsung kepada warga terdampak. Terutama yang ada di tempat-tempat pengungsian.

Sabtu (11/12/2021), Ketua Umum YHMCHI, HA Nurawi bersama rombongan meninjau langsung, bahkan turut membagikan nasi kotak, vitamin hingga bantuan uang. “Selain nasi kotak, kami juga menyerahkan vitamin, obat tetes mata dan santunan kepada para korban,” kata Nurawi.

Nurawi mengatakan, dirinya bersama rombongan sangat terkesan dengan kejujuran masyarakat di sana. Kalau sudah menerima bantuan, sejumlah warga mengatakan sudah, sehingga mereka tidak mau menerima  lagi pada periode yang sama. Ini penting untuk pemerataan. Jadi semuanya bisa menerima bantuan dengan rata. “Saya terkesan sekali dengan masyarakat di sana. Dalam menerima bantuan sangat teratur dan tidak berebutan,” kata Nurawi.

PITI Jatim dipimpin H Haryanto Satryo bersama PITI Lumajang juga turun langsung ke lapangan

Turut mendampingi H.A. Nurawi dalam kunjungan tersebut, yakni, Ustad Hariyono Ong, Achmad Subiantoro (Bapak Bin), H. Priyono, Bapak Agus dan Ibu Lidya dari staf Bapak Soeharsa (Yayasan Abdi Husada Utama).

HA Nurawi bersama rombongan blusukan ke sejumlah tempat yang mengalami kerusakan, terutama tempat-tempat tinggal   masyarakat yang mengalami kerusakan. Dalam blusukan tersebut, rombongan ini dikejutkan dengan adanya bangunan yang masih utuh meski diterjang lahar panas. Tempat itu, yakni Musholla Rhodatul Ulum, Dusun Umbulan RT 10, RW 04, Desa Supit Urang. “Saya melihatnya sendiri, musholla masih utuh. informasi yang saya terima, 4 orang yang ada di dalam selamat. Sementara rumah-rumah di sekeliling musholla hancur dan sejumlah penduduk meninggal. Allahu Akbar,” kata Nurawi takjub atas kebesaran Allah.

Sementara itu, Ketua PITI Jatim, Haryanto Satryo yang, Minggu (12/12/2021), mengunjungi Warung Gratis Cheng Hoo di Jl. Panjaitan 40 Lumajang. Dia mengatakan, Warung Gratis Cheng Hoo yang ada di Jl. Panjaitan, mengantarkan langsung nasi kotak kepada para pengungsi yang ada di sejumlah penampungan.

H Jusuf Satryo, Ketua PITI Lumajang mengatakan, dengan diantar langsung kepada korban diharapkan mempercepat distribusinya. Apalagi PITI Lumajang sudah mempunyai data pengungsi.

“Minggu pagi, Ibu Jeni, Ketua Alumni Mahasiswa Jerman mengatakan siap menyalurkan bantuannya melalui PITI Lumajang. Untuk kelanjutannya saya akan koordinasi dengan PITI Jatim dan YHMCHI,” katanya.

Jusuf mengatakan, untuk bantuan makanan seperti beras, mie dan sebangsanya di Lumajang melimpah. Untuk itu Bupati Lumajang kemarin mengatakan, bantuan berikutnya bisa berupa pendanaan atau uang tunai.

Rombongan dari YHMCHI berada di daerah bencana memantau berbagai kebutuhan masyarakat terdampak.

Diperkirakan Warung Gratis Cheng Hoo ini akan berakhir pada 3 Januari 2022 sesuai dengan berakhirnya masa tanggap darurat Semeru.

Terima Kasih Donatur

Lebih lanjut H.A. Nurawi mengatakan, YHMCHI dan PITI Jatim akan terus melakukan gerakan aksi sosial untuk membantu warga terdampak Erupsi Semeru.

Dia mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur peduli Semeru ini. “Kami mendoakan semoga bantuan yang diberikan oleh donatur ini mendapatkan pahala yang setimpal. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada donatur,” pungkasnya. (Erfandi Putra)

baca juga :

Gus Dur Terima ‘ Zhenghe International Peace Award 2019’

gas

Waspada, Sejumlah Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Surabaya Hampir Penuh

Redaksi Global News

Lengkapi Slot Pemain Asing, Persik Rekrut Bomber Asal Brasil