Global-News.co.id
Madura Utama

Bupati Baddrut Tamam Lepas Ekspor 5 Produk UMKM ke Turki

PAMEKASAN (global-news.co.id)- Produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Sebab produk lokal itu saat ini mampu bersaing di pasar nasional, bahkan internasional.

Buktinya, beberapa produk UMKM asal bumi Gerbang Salam itu mendapat kesempatan untuk ekspor ke negara Turki lantaran memiliki nilai jual dan kualitas yang tinggi hasil kerja sama pemerintah kabupaten (Pemkab) dengan Oke Oce Ina Makmur Pamekasan.

Acara seremonial Pelepasan Produk UMKM Pamekasan untuk Ekspor ke Turki tersebut digelar di Pendopo Budaya Jalan Jokotole yang dilepas langsung oleh Bupati, Baddrut Tamam, Selasa (14/12/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Kepala Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pamekasan.

“Saya bersyukur sekali karena produk UMKM kita bisa ekspor, saya sebenarnya kurang sehat. Tapi karena ini UMKM, maka saya tetap hadir,” kata Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam saat memberikan sambutan.
Menurutnya, ekspor produk UMKM ini berkat ikhtiar luar biasa dari semua elemen, termasuk pelaku usaha itu sendiri dengan beberapa percobaan produk, mulai cita rasanya, nilai jualnya, hingga perbaikan kualitas produk tersebut.

Dia menambahkan, strategi ekspor di era industri 4.0 ada dua strategi yang dapat digunakan oleh pelaku usaha. Ekspor manual, dan digital marketing. Dua track tersebut sangat membantu nilai jual sebuah produk di pasaran.

“Atas nama pemerintah saya senang sekali, mudah-mudahan skema ekspor ke Turki hari ini berjalan lancar. Dan lima produk yang kita ekspor bisa diminati oleh masyarakat Turki dan menjadi bagian dari produk idola,” harapnya.

Lima produk UMKM yang akan ekspor tersebut meliputi Teri Crispy, Sambel Petis Madura, Peyek Cumi, Kopi Rempah, dan Batik khas Pamekasan. Diharapkan, produk lokal lainnya memiliki kesempatan yang sama di pasar internasional.

Bupati yang akrab disapa Mas Tamam tersebut menyampaikan, pihaknya akan terus mendorong kemajuan ekonomi dengan beberapa strategi ekonomi yang telah dilakukan. Diantaranya, pelatihan gratis, bantuan alat, bantuan modal dengan bunga nol persen, hingga fasilitasi pemasaran offline dan online.

“Dan pada tahun 2022 kita akan melatih 5000 orang untuk memberikan pemahaman berbisnis digital melalui beberapa star up yang ada atau media sosial yang ada,” pungkasnya. (mas)

baca juga :

Jelang Pilkada Serentak di 19 Kab/Kota di Jatim, Khofifah Ajak Parpol Jaga Kondusifitas

Redaksi Global News

Pemkab Blitar Gratiskan Biaya Rapid Test COVID-19 Peserta UTBK

Tampil dalam Ujicoba, Angelo Puas Performa Pemain Baru

Redaksi Global News