Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Buka Usaha Ikan Asap Jelang Pandemi, Peminatnya hingga Sumatera

BOJONEGORO (global-news.co.id) – Wirausaha adalah salah satu pekerjaan yang kini banyak dipilih orang. Wirausaha sendiri tidak terpaut pimpinan karena dikelola secara mandiri serta mengatur modal dan pemasarannya. Di era sekarang ini banyak pemuda yang berwirausaha, baik secara offline maupun online. Dengan perkembangan zaman digitalisasi semakin memudahkan pemasaran yang semakin luas.

Salah satu pemuda asal Desa Pacul, Kecamatan Bojonegoro, memasarkan produknya melalui internet. Ia adalah Ibnu Kustiaji, pemilik produk makanan ikan asap dengan label ‘ASAP.KU’. Usaha ikan asap ini berawal dari ibunya yang menjadi reseller ikan asap. Kemudian setelah konsumen meningkat, Ibnu berinisiatif untuk membuka usaha ikan asap sendiri.

Dirinya memulai usaha pada Maret 2020 sebelum pandemi dan menggunakan lantai 2 rumahnya untuk dijadikan tempat pengasapan ikan. “Karena di perumahan pengasapan ikan dilakukan pada siang hari,” ujarnya.

Ia beralasan karena di siang hari angin kencang besar sehingga asap bisa langsung naik ke atas, sedangkan pada pagi hari tidak ada angin yang menyebabkan asap mengepul di sekitar rumah. “Takutnya mengganggu tetangga,” tambah Ibnu.

Awalnya ia hanya mengasap ikan cakalang. Karena semakin banyak peminat kemudian merambah ke ikan tuna. “Kebanyakan peminat tuna itu sedikit, jadi hanya membuka pesanan orderan, kadang juga ada pesanan ikan pari,” tambah Ibnu.

Hingga kini pemasarannya sudah mencapai luar daerah seperti Semarang hingga Kepulauan Riau. Tak hanya itu dia juga bekerja sama sebagai pemasok di daerah Jakarta.

Selain ikan asap, produk ASAP.KU ini juga menjual aneka macam sambal cakalang asap, sambal pampis, sambal geprek dan abon ikan cakalang. Harganya bervariasi, ikan cakalang asap mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 30.000 bergantung beratnya. Untuk harga sambal Rp 20.000 per botolnya dan abon 150 gr Rp 35.000 per bungkus.

Bagi yang berminat bisa langsung menuju tempat penjualan yang beralamat di Pacul Permai blok N No. 16 atau menghubungi lewat nomor WhatsApp 082140564006 atau Instagram @asap.ku. (kmf, boe)

baca juga :

Jatuhnya Harga Tembakau Jadi Perhatian BAS ‘82

Redaksi Global News

Bantu UMKM Naik Kelas, Bank Jatim – Pemkot Surabaya Gelar Festival Ramadan

Redaksi Global News

Begini Cerita Unik para Nakes Lakukan Vaksinasi Covid-19 kepada ODGJ dan Disabilitas

Titis Global News