Global-News.co.id
Nasional Utama

BNPB Pastikan Layanan Tanggap Darurat Bencana Semeru Terlaksana

saat eskavator melakukan proses pencarian korban tertimbun material guguran awan panas Gunung Semeru di Curah Koboan, Pronojiwo, Jawa Timur (8/12).

JAKARTA (global-news.co.id) – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, memastikan layanan tanggap darurat bencana awan panas dan guguran (APG) Gunung Semeru di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur terlaksana.

“Selain memantau kondisi terkini dari sisi utara jembatan Gladak Perak yang rusak , pelayanan tanggap darurat yang optimal terhadap masyarakat juga menjadi perhatian utama,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu (15/12).

Abdul mengatakan hingga saat ini jembatan Gladak Perak yang menghubungkan antara Lumajang dan Malang terputus akibat dampak awan panas dan guguran Gunung Semeru.

Kondisi ini menyebabkan aktivitas warga dari dan ke dua kota tersebut tersendat, khususnya di dua kecamatan, yakni Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro.

Selain itu, logistik dan penanganan pengungsi sejauh ini sudah berjalan sangat baik, khususnya di Kecamatan Candipuro.

“Maka, dalam kunjungan hari ini, Kepala BNPB juga ingin memastikan bahwa pelayanan bagi masyarakat terdampak di Kecamatan Pronojiwo juga terlaksana dengan optimal,” ujar Abdul.

Hal ini dilakukan, lanjutnya, untuk memastikan agar arahan yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada saat kunjungan di Lumajang beberapa hari lalu, bisa terlaksana dengan terukur.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB per Selasa (14/12), kejadian awan panas guguran Gunung Semeru telah menyebabkan 48 warga meninggal dunia, 18 orang luka berat dan 9 orang luka ringan.

Sedangkan untuk pengungsian di Kecamatan Pronojiwo terdapat empat titik dengan jumlah warga yang mengungsi saat ini sebanyak 1.056 jiwa. (ant, ins)

baca juga :

Jatim Rebut Medali Perunggu, Keltjes Masih Kecewa Timnya Gagal ke Final

Redaksi Global News

Kejurda Selam Jatim Nomor Laut, Atlet Situbondo Sabet 7 Medali

Redaksi Global News

Januari-April 2017, 66 Jenazah TKI Jatim Dipulangkan