Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Beri Solusi Masalah Warga, Walikota Eri Ingin Setiap Kecamatan Punya Ruang Konsultasi

Desain ruang konsultasi dibuat senyaman mungkin seperti Swargaloka Dispendukcapil

SURABAYA (global-news.co.id) –
Pemkot Surabaya terus berinovasi memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam pelayanan. Tentu saja hal itu perlu didukung dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang menunjang.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi kemudian berinisiatif menggagas ruang konsultasi di setiap kantor kelurahan dan kecamatan. Ruangan tersebut disiapkan untuk memberikan solusi bagi warga yang memiliki permasalahan terkait pelayanan publik.

“Di ruang konsultasi ini harus ada jawaban yang solutif dan penyelesaian sebuah masalah. Ketika warga itu keluar dari ruang konsultasi, maka harus sudah dapat jawaban atau solusi. Jadi petugas yang di ruang konsultasi minimal Kepala Seksi (Kasi),” kata Walikota Eri, Selasa (7/12).

Karena itu, ketika nanti ada warga yang datang dan ingin berkonsultasi, maka petugas di sana harus mampu memberikan solusi. Apabila tidak mampu, petugas itu dapat langsung koordinasi secara berjenjang mulai dengan lurah, camat hingga dinas terkait.

Guna memudahkan koordinasi secara internal, Walikota Eri juga menginstruksikan jajarannya agar membuat sistem aplikasi. Melalui aplikasi tersebut, setiap permasalahan warga yang masuk dapat dirembuk secara bersama oleh instansi terkait. “Nanti masuk ke sistem aplikasi. Kalau sudah masuk nanti semua (instansi) bisa menjawab,” ujarnya.

Eri juga menginginkan agar ruang konsultasi didesain senyaman mungkin untuk warga. Bahkan, dia juga menginginkan agar konsep desainnya itu seperti ruang Swargaloka (Publikasi Suara Warga Mengelola Kebutuhan Adminduk) milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya.

“Buat kayak ruangannya kafe seperti Dispendukcapil. Karena kalau loket ‘kan sifatnya terbuka, jadi berbeda. Usahakan juga tampilannya berbeda. Jadi kursinya dibuat nyantai bentuknya, jadi orang datang itu nyaman, tidak takut,” ujar dia.

Pihaknya berkomitmen mengubah Kota Pahlawan menjadi lebih baik lagi. Termasuk pula dalam hal pelayanan publik. Sehingga masyarakat benar-benar dapat menikmati Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Surabaya.

Satu di antara kantor kecamatan di Surabaya yang telah menerapkan ruang konsultasi adalah Kecamatan Bubutan. Setiap warga yang memiliki permasalahan terkait pelayanan publik dapat memanfaatkan ruang konsultasi tersebut.

“Jadi di Kecamatan Bubutan sudah berlangsung. Intinya semua pelayanan publik itu diselesaikan di front office atau meja konsultasi pelayanan publik,” kata Camat Bubutan, Kota Surabaya, Kartika Indrayana.

Menurut Kartika, Walikota Eri Cahyadi memang menginstruksikan setiap kecamatan atau kelurahan memiliki layanan berupa ruang konsultasi. Melalui ruang tersebut, setiap permasalahan warga terkait pelayanan publik diharapkan dapat dicarikan solusi langsung.

Rencananya, Kartika menyebut, ruang konsultasi yang sudah ada di kantor Kecamatan Bubutan bakal dipercantik. Ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi setiap warga yang datang dan membutuhkan layanan konsultasi. “Ini sudah disurvei Dinas Cipta Karya,” ujarnya. (pur)

baca juga :

Muncul Nama Baru Skandal Harun Masiku

Redaksi Global News

Awas, Covid-19 ‘Menyerbu’ lagi

gas

Program Tim Buser Pamekasan Menuju Top 25 Kopublik Jatim 

gas