Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Bentuk Satgas Nataru, Pertamina Pastikan Pasokan Energi Jatimbalinus Aman

Khusus untuk wilayah Jatimbalinus kebutuhan BBM selama Satgas diperkirakan meningkat 4% dari kebutuhan normal, sedangkan kebutuhan LPG meningkat 7% dari kebutuhan normal.

SURABAYA (global-news.co.id) – Pertamina melalui Unit Region Jatimbalinus telah membentuk Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Nataru) sejak 30 November 2021 hingga 10 Januari 2022. Hal itu guna memastikan ketersediaan energi untuk masyarakat di seluruh Lembaga Penyalur Pertamina (SPBU, agen LPG, pangkalan dan lembaga penyalur lainnya) area Jatimbalinus aman untuk menghadapi momen libur, Natal dan Tahun Baru 2022.

“Kami telah melakukan proyeksi untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM dan LPG serta Avtur atas dasar proyeksi itu kita menambah stok BBM selama masa Satgas tersebut. Khusus untuk wilayah Jatimbalinus kebutuhan BBM selama Satgas diperkirakan meningkat sebesar 4% dari kebutuhan normal, sedangkan kebutuhan LPG meningkat sebesar 7% dari kebutuhan normal,” kata Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deny Djukardi, Kamis (23/12).

Selain itu, konsumsi avtur di Jatimbalinus sebagai bahan bakar pesawat udara pada periode Satgas diperkirakan penyaluran di angka 1.160 KL/hari. Jumlah ini sama dengan penyaluran normal harian sebelum satgas yang artinya diprediksi tidak ada kenaikan. Hal tersebut dipengaruhi dengan belum adanya jumlah penambahan penerbangan dari dan ke Bandar Udara terutama di wilayah Jawa Timur.

Pertamina Patra Niaga Region Jatimbalinus, kata Deny Djukardi, juga telah menambah pelayanan di area tol Trans Jawa berupa kiosk modular (Pertashop) dan kiosk kemasan sebanyak 5 unit yang terletak di Rest Area KM 678B, 695A, 792A, 792B serta tol Pandaan Rest Area KM 66A. Selain itu, juga terdapat 8 SPBU regular eksisting dan 2 Mobil Tangki Standby (SPBU Kantong) untuk memenuhi kebutuhan konsumen selama perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2022.

“Pada Satgas kali ini juga kami menyediakan titik-titik pelayanan tes antigen gratis di rest area yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen. Hal ini kami lakukan sebagai upaya mendukung pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang telah terjadi selama 2 tahun ini,” ungkap Deny.

Deny menambahkan titik-titik konsentrasi masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru 2022 seperti tempat wisata dan tujuan perayaan Nataru di Jawa Timur juga telah dikoordinasikan dengan Pemerintah dan Polri untuk diantisipasi.

Selain menyiagakan seluruh SPBU yang berada di jalur utama mudik dan wisata, Pertamina unit region Jatimbalinus juga memperkuat pelayanan penyaluran BBM selama masa libur Natal dan Tahun Baru dengan penambahan awak & mobil tangki serta SPBU Kantong serta penambahan jam operasional Supply Fuel Terminal (FT)/Integrated Terminal (IT) sesuai kebutuhan.

Pertamina juga memberikan pelayanan tambahan kepada masyarakat dengan menyiagakan Mobil Tanki standby sebanyak 2 unit, Pertashop 10 unit, Pertamina Delivery Service (PDS) 84 unit, Agen LPG Siaga dan Outlet LPG Siaga yang tersebar di 7.118 titik
Di beberapa SPBU juga terdapat fasilitas tambahan pola bayar non cash, MyPertamina, bank HIMBARA dan LinkAja.

“Seluruh operator SPBU kami telah menerapkan protokol kesehatan dan kami himbau masyarakat di era Pandemi ini untuk menggunakan aplikasi MyPertamina dalam bertransaksi di SPBU untuk meminimalisir kontak melalui uang tunai. Selain itu banyak kemudahan dan promo yang bisa dinikmati melalui aplikasi tersebut,” jelas Deny.

Ia juga menambahkan Pertamina Patra Niaga di Regional Jatimbalinus memastikan ketahanan stok untuk seluruh produk BBM rata-rata berada di 8-13 hari, LPG di 5-7 hari, dan Avtur 18-21 hari.

“Dengan seluruh antisipasi ini, kami imbau masyarakat tidak perlu khawatir, Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus tetap siaga melayani kebutuhan energi masyarakat agar tetap terpenuhi dengan baik, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan kenyamanan masyarakat, Bagi seluruh konsumen dan stakeholder yang membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi kontak Pertamina 135,” pungkas Deny. (tis, fan)

baca juga :

Salip Jabar, Klaster Sampoerna Penyumbang Terbanyak Kasus Corona di Jatim

Redaksi Global News

Bank Jatim Bantu Beasiswa Rp315 Juta untuk Pelajar MBR Kota Surabaya

Redaksi Global News

Satreskrim Polresta Sidoarjo Ungkap Pelaku Pengeroyokan

Redaksi Global News