Global-News.co.id
Tapal Kuda Utama

Banjir di Kutorenon, Wabup Lumajang Sebut Luapan Sungai Krasak

Penyebab terjadinya banjir meningkatnya debit air di Sungai Krasak yang berhulu di Sungai Bondoyudo.

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Beberapa rumah di Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, Jatim, terendam banjir. Hal itu disebabkan hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Lumajang mengakibatkan meluapnya sungai Bondoyudo ke rumah warga. Senin (20/12).

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati yang mengunjungi lokasi mengatakan penyebab terjadinya banjir meningkatnya debit air di Sungai Krasak yang berhulu di Sungai Bondoyudo.

“Banjir hari ini itu karena luapan sungai atau kiriman dari Krasak, masalahnya di sana itu hulu, jadi belum pernah dinormalisasi oleh pemerintah provinsi,” ungkapnya.

Wabup sudah berkoordinasi dengan UPT Dinas Perairan Provinsi Jawa Timur untuk melakukan normalisasi di Sungai Bondoyudo agar banjir tidak lagi terjadi di Desa Kutorenon.

“Sudah saya hubungi tadi, kalau dibiarkan terus-menerus ini bahaya, seperti tahun lalu, kita tidak ingin itu terjadi,” kata dia.

Selain itu, Wabup juga meminta agar masyarakat tidak membuang sampah di sungai atau di saluran air, agar jika terjadi hujan deras tidak menyumbat saluran air. (kmf, ins)

baca juga :

Presiden Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Pelajar dan Santri di Ponorogo

Redaksi Global News

Tingkatkan Sistem Manajemen Risiko, PLN Peroleh Sertifikasi Conformity ISO 31000:2018 dan BCMS ISO 22301:2019

gas

Arema FC Unggul Dulu, Juninho Balikkan Posisi

Redaksi Global News