Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Bangun Sinergitas dan Kolaborasi, Walikota Eri Gagas Asosiasi Kepala Daerah se-Jatim

Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, berencana membentuk asosiasi atau perkumpulan seluruh kepala daerah di Provinsi Jawa Timur

SURABAYA (global-news.co.id) – Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, berencana membentuk asosiasi atau perkumpulan seluruh kepala daerah di Provinsi Jawa Timur. Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk terus membangun sinergitas dan kolaborasi antar-kepala daerah.

Walikota Eri mengatakan, ia bersama bupati dan walikota di Provinsi Jawa Timur, ingin mengembangkan kolaborasi dan kerjasama. Salah satunya berkolaborasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) antardaerah.

“Kalau di tingkat nasional ada Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia), tingkat kabupaten ada Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia). Tapi di Jatim ingin menjadi satu, walikota dan bupati menjadi satu bagian,” kata Walikota Eri, usai menerima penghargaan Penanganan Covid-19 Terbaik di Kota Mojokerto, Selasa (14/12).

Guna mewujudkan hal itu, Walikota Eri berencana mengundang Kapolrestabes bersama Forkopimda antar-pemerintah daerah (Pemda) di Jawa Timur. Hal ini dimaksudkan membuat formula kolaborasi dan kerja sama, antara Forkopimda dengan Pemda lainnya.

“Bagaimana mengolaborasikan antara Forkopimda dengan pemerintah daerah yang bisa menjadi satu untuk bekerjasama dengan pemerintah daerah lainnya. Insya Allah ini baru pertama kali dan Bu Gubernur (Khofifah Indar Parawansa) menyampaikan itu,” kata dia.

Rencana tersebut, rupanya juga sudah disetujui Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Ia menilai, Walikota Eri cocok menjadi kepala suku atau kepala koordinator antar Pemda di Provinsi Jawa Timur, karena selalu menunjukkan kepeduliannya untuk membantu Pemda lainnya.

“Di antara Bupati dan Walikota ada kepala suku. Dan kepala sukunya adalah Walikota Eri, karena beliau men-support (mendukung) beberapa daerah lainnya,” kata Gubernur Khofifah.

Gubernur Khofifah mencontohkan, Walikota Eri selalu tanggap darurat dalam membantu Pemda lainnya di Provinsi Jawa Timur. Bahkan, untuk mengejar capaian vaksinasi di wilayah aglomerasi, Walikota Eri langsung menerjunkan jajarannya.

“Kemarin beliau juga mengirim bantuan ke Semeru, saya melihat beliau memiliki keikhlasan luar biasa untuk saling tolong-menolong dan saling meringankan beban satu daerah dengan daerah yang lain, matur nuwun (terima kasih) Bapak Walikota Surabaya,” ujar dia.

Senada dengan hal tersebut, Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari mengungkapkan, Walikota Surabaya Eri Cahyadi menggagas Asosiasi Kepala Daerah se-Jawa Timur untuk bersama-sama berkolaborasi, bekerjasama, dan bergotong-royong dalam mengatasi permasalahan di Jawa Timur.

“Ketua kelas untuk daerah Jawa Timur, ada Mas Walikota Surabaya (Eri Cahyadi). Beliau tadi berbisik untuk menggagas Asosiasi Kepala Daerah seluruh Jawa Timur dan ini luar biasa,” ujarnya. (pur)

baca juga :

Forum Lesehan Bareng, Walikota Eri Berharap Bisa Dioptimalkan

Indonesia Open 2022, China Raih Dua Gelar

Bupati- Forkopimda Serahkan Bantuan 10 Ribu Bendera Merah Putih

gas