Global-News.co.id
Madura Utama

Baddrut Tamam Minta PNS Baru Bersyukur, Solid dan Kerja Keras


PAMEKASAN (global-news.co.id) – Bupati Pamekasan Baddrut Tamam Senin (6/12/2021) mengukuhkan dan menyerahkan SK Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru di lingkungan Pemkab Pamekasan. Mereka berjumlah 425 orang dan merupakan PNS hasil rekrutmen pada tahun 2019 lalu.

Pengukuhan dilakukan melalui perwakilan para PNS baru di Ruang Peringgitan Dalam Rumah Dinas Bupati Pamekasan. Sementara para PNS lainnya tetap dihadirkan dan mengikuti secara daring di lokasi yang berbeda yakni di Aula Gedung Pemuda Jalan Kabupaten Pamekasan.

Hadir dalam acara pengukuhan itu Sedakab Ir Totok Hartono, Plt Kepala Badan Kepegawaian PSDM Ir Nurul Widiastutik dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Pamekasan.

Dalam pengarahannya Baddrut Tamam mengungkapkan bahwa ada berapa hal yang menjadi tanggung jawab besar para PNS atau Aparat Sipil Negara (ASN) baru. Pertama bersyukur kepada Allah SWT telah mendapat nikmat bisa menjadi abdi negara dan pelayanan masyarakat.

Setelah bersyukur, kata Baddrut Tamam, harus ada komitmen untuk bekerja keras memajukan Pamekasan. Dengan bekerja luar biasa para ASN baru itu nanti akan menjadi inspirasi bagi generasi berikutnya, yang pada gilirannya menjadi gerakan bersama para ASN untuk bekerja kreratif dan inovatif.

“Saya yakin perjuangan untuk bisa lulus menjadi abdi negara, bisa saja tidak hanya belajar sungguh sungguh, ada sebagian yang kursus di beberapa tempat, ada yang sambil berpuasa memohon kepada Allah , segala ikhtiar yang dilakukan itu bisa bersamaan dengan takdir,” ungkapnya.

Dia menegaskan tidak banyak orang yang berkesempatan menjadi ASN. Di Pamekasan, kata dia, jumlah seluruh ASN hanya 6.600. Jika dibandingkan dengan jumlah warga Pamekasan yang berjumlah 900 ribu, maka para ASN itu artinya persentasenya sangat kecil sekali.

“Artinya seluruh ASN baru ini, orang beruntung diberi kesempatan oleh Allah SWT, diberi kesempatan untuk mengabdi menjadi bagian dari aparatur di NKRI. Itu harus disyukuri, karena tidak banyak orang yang punya kesempatan seperti saudara sekalian,” katanya.

Negara, kata Baddrut Tamam, telah memberikan sesuatu yang luar biasa kepada para ASN. Karena itu yang harus muncul tekat apa yang harus diberikan kepada bangsa, kontribusi apa yang sudah kita berikan kepada bangsa.

Kesempatan menjadi ASN, lanjutnya, tidak disia siakan tapi harus disyukuri. Kebahagiaan apabila bisa bekerja menginspirasi, bekerja baik. ASN ada dalam satu bangunan pemerintahan, yang bisa beda fungsi dan perannya. ASN akan terhormat jika bisa bekerja keras memberikan yang terbaik.

“Ada perbedaan menjadi ASN dengan pekerja swasta. Bekerja pada negara ada tanggung jawab, pengabdian, menjaga Pancasila, menjaga UUD kepentingan rakyat, bahkan sumpah mendahulukan kepentingan orang lain dan meninggalkan kepentingan pribadi,” tegasnya.

Kalau Negara dipenuhi ASN tidak kreatif, beban neraga akan berat sekali. Target yang harus dicapai adalah memberikan manfaat sebesarnya pada masyarakat. “Dulu pejabat harus dilayani, sekarang gejabat harus memberi pelayanan,” pungkasnya. (mas)

baca juga :

Risma Ingatkan Warga untuk Antisipasi Gelombang Kedua Covid-19

Redaksi Global News

Persiapan Matang, Widodo Percaya Diri Hadapi PSS

Redaksi Global News

SKK Migas Buat Terobosan Percepat Proses Pengadaan Barang dan Jasa

Redaksi Global News