Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Arus Penumpang Tanjung Perak Diprediksi Naik Jelang Nataru

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) selaku operator pelabuhan menyiapkan sejumlah antisipasi agar arus penumpang yang datang dan pergi di pelabuhan Tanjung Perak bisa terlayani dengan baik.

SURABAYA (global-news.co.id)  – Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2021/2022 arus penumpang sejumlah moda transportasi mengalami kenaikan. Termasuk di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Meskipun kenaikan diprediksi tidak signifikan, namun PT Pelabuhan Indonesia (Persero) selaku operator pelabuhan sudah menyiapkan sejumlah antisipasi agar arus penumpang yang datang dan pergi di pelabuhan Tanjung Perak bisa terlayani dengan baik.

Prediksi kenaikan arus penumpang tersebut disampaikan oleh CEO Sub Regional 3 Jawa Timur Onny Djayus. Menurutnya dari data yang ada saat ini sedikitnya terdapat 1.500 penumpang yang melakukan embarkasi dan debarkasi di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN), jumlah ini diprediksi akan naik sekitar 1,2% dari biasanya.

Menurutnya penumpang tujuan Indonesia Timur seperti Kupang dan Maumere selalu mendominasi peningkatan arus jelang momen Natal dan Tahun Baru seperti ini. “Jika berkaca dari tren tahun-tahun sebelumnya, diprediksi arus penumpang kali ini mengalami kenaikan meskipun tidak signifikan. Hal tersebut seiring dengan pelonggaran perjalanan jauh oleh pemerintah pada momen Nataru kali ini,” kata CEO Sub Regional 3 Jawa Timur Onny Djayus, Rabu (22/12).

Sementara itu dalam rangka meningkatkan keamanan, kenyamanan dan kelancaran bagi para calon penumpang, Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak guna melakukan antisipasi di antaranya adalah pendirian posko Nataru. Selain itu dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 beberapa persiapan lainnya juga dilakukan misalnya, penerapan protokol kesehatan (prokes) dan kesehatan para penumpang sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah.

“Untuk penumpang asal warga negara asing (WNA) wajib melampirkan surat perizinan perjalanan yang telah diverifikasi oleh KKP. Kalau belum ada, tidak kami layani,” Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Yefri Meidison.

Salah seorang penumpang KM Sinabung tujuan Tanjung Perak-Sorong, Papua Romero Vatikan, mengatakan, ia sangat senang akhirnya bisa dengan mudah melakukan perjalanan dengan menggunakan jasa kapal laut. Mahasiswa rantau yang berkuliah di salah satu Universitas negeri di Surabaya ini mengaku lebih senang menggunakan jasa kapal laut untuk mudik karena aturannya kini lebih jelas dan lebih tertib.

“Rasanya beda dengan sebelumnya, kan biasanya bingung persyaratannya kalau mau bepergian sekarang sudah mudah, petugasnya juga ramah melayani penumpang jadi kesannya nyaman,” ungkap Romero.

Sebelumnya, dalam rangka mendukung penyelenggaraan angkutan kapal laut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya selama masa pandemi Covid-19, PT Pelindo  (Persero) Sub Regional Jatim bekerjasama dengan instansi terkait seperti Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Perak, Polres Pelabuhan Tanjung Perak dan Perusahaan Pelayaran baik pemerintah maupun swasta (Pelni, Dharma Lautan Utama, dll) menyediakan Pos Koordinasi (Posko) arus mudik/balik Nataru Tahun 2021/2022 bertempat di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai H-8 (17 Desember 2021) s/d H+7 (8 Januari 2022). (tis)

baca juga :

Sergio Alexandre, Arsitek Baru Tim Persiraja Banda Aceh

Redaksi Global News

Wawali Armuji Sapa CJH Asal Surabaya Yang Akan Berangkat

Pertama Kali, Mandiri Media Training 2017 Digelar di Alam Bebas

Redaksi Global News