Global-News.co.id
Nasional Pantura Utama

Ajang ADWI 2021, Kampung Blekok Situbondo Sabet Juara 1 Desa Wisata Rintisan

Bupati Situbondo Karna Suswandi (tengah) dan Kadis Pariwisata, Ketua Pokdarwis Kampung Blekok dan Pengelola Desa Wisata Kampung BLekok, Seta (kanan) menunjukkan piala juara 1 pada malam ADWI 2021 Kemenparekraf di Jakarta. Selasa (7/12) malam (foto: ant-istimewa)

JAKARTA (global-news.co.id) – Desa Wisata Kampung Blekok, Situbondo, Jawa Timur, meraih juara 1 kategori Desa Wisata Rintisan pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Piala juara 1 kategori Desa Wisata Rintisan ini diserahkan kepada Ketua Pokdarwis Desa Wisata Kampung Blekok Situbondo, pada Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 Kemenparekraf dan dihadiri langsung Bupati Situbondo, Karna Suswandi di Jakarta, Selasa (7/12/) malam.

“Alhamdulillah Desa Wisata Kampung Blekok terpilih sebagai juara 1 Kategori Desa Wisata Rintisan. Semoga ini menjadi awal dari tumbuh dan berkembangnya wisata di Situbondo, untuk mewujudkan Situbondo berakhlak, sejahtera, adil dan berdaya (Berjaya),” kata Bung Karna, sapaan bupati, saat dihubungi dari Situbondo.

Menurut dia, penghargaan ini di luar perkiraan karena ada 50 nominator ADWI 2021 yang tersebar di seluruh penjuru negeri, yang ikut memperebutkan juara ADWI dengan tema “Indonesia Bangkit” ini.

“Terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada pengelola Kampung Blekok, sehingga bisa meraih prestasi yang luar biasa ini,” katanya.

Kata dia, wisata merupakan salah satu pengungkit perekonomian di daerah. Oleh karena itu, predikat sebagai juara 1 Desa Wisata Rntisan ini, diharapkan mampu menggeliatkan perekonomian di Situbondo, yakni dengan bertambahnya jumlah kunjungan wisata.

“Ketika jumlah kunjungan bertambah, maka akan memberikan dampak positif kepada masyarakat Situbondo, sebab akan ada perputaran rupiah di sini,” ujarnya.

Ia berharap, semua destinasi wisata yang ada di Situbondo, mampu menjadi wisata dengan kategori berkembang bahkan maju. Dan ini bukan tidak mungkin, karena Kampung Blekok bisa terpilih sebagai juara 1 ADWI Kategori Rintisan.

“Ke depan, pemerintah akan lebih serius lagi memberikan dukungan untuk kemajuan wisata di Situbondo,” kata Bung Karna.

Ketua Pokdarwis Desa Wisata Kampung Blekok Situbondo menerima piala juara 1 ADWI 2021 di Jakarta. Selasa (7/12) malam. (foto: ant)

Sementara itu, Pengelola Konservasi Hutan Bakau Desa Wisata Kampung Blekok Situbondo, Ranti Seta Ayu Pratiwi mengaku tak menyangka bisa meraih juara 1 kategori Desa Wisata Rintisan ajang ADWI 2021.

“Dari 1.831 desa wisata yang mendaftar se-Indonesia, kami masuk 50 besar saja sebuah kejutan. Ini di luar ekspektasi kami menjadi juara 1 Desa Wisata Rintisan pada ajang ADWI 2021 Kemenparekraf,” kata Seta, sapaannya.

Ia merasa bangga bisa membawa nama baik Kabupaten Situbondo di ajang ADWI 2021. Ke depan, lanjut dia, akan terus bekerja keras demi kemajuan pariwisata, khsusunya di ekowisata Kampung Blekok Desa Klatakan, Kecamatan Kendit itu.

“Ke depan kami harus bekerja keras lagi. Mengelola kawasan konservasi semakin maju lagi. Mengelola desa wisata lebih tertata baik lagi. Mengelola semua aspek kategori lebih dari yang diperoleh saat ini. Mulai dari homestay, CHSE, toilet, suvenir, digital marketing, konten kreator dan daya tarik wisatanya,” kata Kasi Pemeliharaan Lingkungan dan Hutan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo itu.

Desa Wisata Kampung Blekok Situbondo, menjadi juara 1 dari dari lima desa wisata terbaik lainnya, dalam kategori Desa Wisata Rintisan ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 Kemenparekraf.

Wisata Kampung Blekok merupakan kawasan konservasi hutan bakau yang saat ini luasnya mencapai sekitar 27 hektare itu, mempunyai pemandangan alam luar biasa. Dan terdapat burung dengan berbagai spesies salah satunya blekok. Didukung dengan produk ekonomi kreatif masyarakat setempat, yang sudah punya pangsa pasar hingga ke luar negeri. (ins, ntr)

baca juga :

Usai Dinas ke Jakarta, PNS Pemprov Bali Positif Corona

Redaksi Global News

Tekan Harga Sembako, Bank Indonesia Bersama Pemkot Surabaya Rintis Wartek Inflasi

Redaksi Global News

Anggaran Dipotong dan Ingkar Janji, MPR Minta Jokowi Pecat Sri Mulyani

Redaksi Global News