Global-News.co.id
Gaya Hidup Nasional Utama

ADWI 2021, Desa Wisata Ranupani Lumajang Juara 2 Kategori Homestay

Desa Wisata Ranupani Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, sukses meraih juara dua kategori Homestay

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Desa Wisata Ranupani Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, sukses meraih juara dua kategori Homestay pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

“Jadi ini merupakan penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Alhamdulillah Lumajang mendapat juara dua kategori Homestay,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang, Yoga Pratomo, saat dimintai keterangan di kantornya, Jumat (10/12).

Yoga juga mengatakan, sebelumnya ada sekitar 1.832 desa di seluruh tanah air yang terdaftar, kini dikerucutkan menjadi 50 desa wisata yang lolos pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

“Awalnya ADWI 2021 diikuti 1.831 desa di seluruh Indonesia, namun kemarin sesuai seleksi yang sudah dilakukan mengerucut ke-50 desa wisata, dan 50 desa ini dibagi menjadi kategori-kategori kejuaraan, sehingga keunggulan masing-masing desa wisata dapat dihargai,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Yoga mengharapkan, agar nantinya muncul desa-desa di Kabupaten Lumajang yang dapat berkiprah dalam dunia pariwisata nasional maupun internasional.

“Harapan saya, selain Ranupani muncul desa-desa lain yang dapat berkiprah dalam dunia pariwisata nasional maupun internasional,” harapnya.

Adapun beberapa kategori dalam ajang ADWI 2021, di antaranya Desa Wisata Terbaik Kategori Konten Kreatif, Desa Digital, Homestay, Toilet Umum, Suvenir, CHSE, Daya Tarik Wisata, kemudian penghargaan khusus Desa Wisata Inspiratif. (kmf, lmj)

baca juga :

32 Tewas dalam Kecelakaan Pesawat Kargo di Kyrgyzstan

Redaksi Global News

PD 2022: Pencetak Gol Tendangan Bebas Pertama Gemar Koleksi Mobil

Redaksi Global News

Pemilu 2024: Sebanyak 26.021 Napi di Jatim Salurkan Hak Pilih

Redaksi Global News