Global-News.co.id
Kesehatan Mancanegara Utama

WHO Sebut Belum Ada Bukti Varian Omicron Lebih Menular

ANKARA (global-news.co.id) – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Minggu (28/11) mengatakan, sejauh ini belum ada bukti tentang tingkat penularan dan keparahan virus corona varian Omicron.

“Belum diketahui pasti apakah Omicron lebih menular (misalnya, lebih mudah menular di antara manusia) dibanding varian lainnya, seperti Delta,” kata WHO lewat pernyataan.

WHO mengatakan lonjakan jumlah orang yang positif Covid-19 dan pasien rawat inap di Afrika Selatan, tempat varian baru itu pertama kali dilaporkan dan dianggap sebagai sumbernya, tidak berarti  penularan atau keparahan dari Omicron lebih tinggi.

WHO menegaskan bahwa “ini kemungkinan karena tingginya jumlah keseluruhan orang yang terinfeksi ketimbang dampak spesifik dari Omicron.”

“Saat ini tidak ada informasi yang menunjukkan bahwa gejala yang berkaitan dengan Omicron berbeda dari varian lainnya,” tulis pernyataan itu.

Menurut informasi yang terbatas, WHO juga memperingatkan, orang yang sebelumnya pernah terpapar Covid-19 dapat terinfeksi kembali dengan Omicron secara lebih mudah dibanding varian yang diwaspadai lainnya. WHO mengatakan perlu studi lanjutan untuk lebih memahami varian Omicron.

Selagi studi efektivitas vaksin Covid-19 dan pengujian terhadap Omicron sedang berlangsung, obat yang biasanya digunakan untuk menyembuhkan Covid-19 masih bisa ampuh untuk mengobati infeksi Omicron. (adl, ntr, ins)

baca juga :

Miliarder Perempuan Termuda di AS

PKS Pastikan 100 Persen Saksi Siap Mengawal Kemenangan Machfud Arifin – Mujiaman

Redaksi Global News

Liga 1: Irfan Bachdim Ingin Bawa Persik ke Papan Atas

Redaksi Global News