Global-News.co.id
Sport Utama

Tira Persikabo Merasa Sesuai Aturan soal Gaji Alex Dos Santos

Alex Dos Santos saat ini berkostum Persita

JAKARTA (global-news.co.id) – Manajemen klub Liga 1 Indonesia, Tira Persikabo, merasa telah melakukan hal sesuai aturan PSSI terkait gaji mantan pemainnya Alex Dos Santos.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (8/11), manajemen Tira Persikabo menyebut semua yang terkait penyesuaian penghasilan saat pandemi Covid-19 mengacu kepada keputusan PSSI.

“Semua pemain, termasuk Alex Dos Santos, menyatakan menerima dan sepakat atas pemotongan gaji itu,” tulis pihak manajemen klub.

Menurut Tira Persikabo, setidaknya ada tiga surat keputusan PSSI soal gaji pemain saat pandemi Covid-19 yang sudah mereka jalankan. Pertama, Surat Keputusan Nomor SKEP/48/III/2020 tentang Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Musim 2020 dalam Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Virus Covid-19.

Di dalam surat itu tertulis, “pemberian gaji bulan Maret, April, Mei dan Juni 2020 maksimal 25 persen dari kontrak kerja”.

Kedua, Surat Keputusan PSSI Nomor SKEP/53/VI/2020 tentang Kelanjutan Kompetisi Dalam Keadaan Luar Biasa Tahun 2020.

“Apabila kompetisi efektif dimulai, klub Liga 1 dan Liga 2 dapat melakukan kesepakatan ulang atas perubahan nilai kontrak pada perjanjian kerja yang telah disepakati sebelumnya, yaitu perubahan nilai kontrak Liga 1 dengan kisaran 50 persen”.

Terakhir, Surat Keputusan Nomor SKEP/69/XI/2020 tentang Penundaan Seluruh Kompetisi Tahun 2020.

Manajemen Tira Persikabo pun menegaskan akan melakukan mediasi dan mengedepankan musyawarah untuk menuntaskan sengketa dengan Alex Dos Santos.

Akan tetapi, manajemen klub berjuluk “Laskar Padjajaran” itu juga menyayangkan sikap Alex Dos Santos yang melaporkan mereka ke Badan Sengketa FIFA melalui pengacara, Pedro Macierinha.

Selain itu, mereka juga kecewa pemain asal Brazil itu mengunggah konten di media sosial soal masalah gajinya.

“Seolah-olah manajeman Persikabo tidak memperhatikan kesejahteraan pemain dan menimbulkan opini negatif dari masyarakat Indonesia,” tulis manajemen Persikabo.

Alex Dos Santos memperkuat Tira Persikabo pada tahun 2020-2021. Saat ini, penyerang berusia 31 tahun tersebut berseragam Persita.

Perselisihan Alex dengan Tira berawal dari unggahannya di media sosial Instagram pada 29 Oktober 2021 yang menyebut bahwa pemotongan gaji sebesar 75 persen pada Maret 2020 tidak diinformasikan dan tanpa kesepakatan.

Alex mengaku bahwa situasi tersebut membuatnya kesulitan membayar sekolah anak dan menghidupi keluarganya. (ntr, ins)

baca juga :

PT IMLI Baru Penuhi Bahan Accu Bekas 33%

gas

Miss Arab 2007 Halima Boland Yang Klaim Ditelepon Ronaldo

Redaksi Global News

Leg Kedua Final Piala AFF, Ricky Kambuaya Tak Terbuai Status Pemain Terbaik

Redaksi Global News