Global-News.co.id
Madura Utama

Sukses di 9 Kecamatan, Wamira Akan Dibangun di Desa


PAMEKASAN (global-news.co.id) – Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam menargetkan semua desa di daerahnya berdiri Warung Milik Rakyat (Wamira) Mart pada tahun 2022 mendatang. Wamira Mart untuk memasarkan produk lokal masyarakat, baik produk wirausaha baru (WUB) atau produk usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Mas Tamam, panggilan akrab Bupati, menyampaikan, pihaknya akan membranding toko klontongan menjadi Wamira Mart dengan satu manajemen yang terpusat di tingkat kabupaten. Wamira Mart tersebut akan menjual produk WUB atau UMKM secara umum guna meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Toko klontongan kita branding, isinya adalah UMKM, manajemennya satu di Pemkab Pamekasan. Tahun depan semua desa sudah ada Wamira Mart-nya, dikelola bareng-bareng antara desa dan fasilitator, serta dinas,” kata Bupati Baddrut Tamam Senin (15/11/2021).

Dia menyampaikan, pihaknya saat ini telah mendirikan 9 Wamira Mart yang tersebar di beberapa kecamatan. Setelah itu semua kecamatan harus berdiri Wamira Mart sebelum merambah ke tingkat desa.

“Setelah ini semua kecamatan ada Wamira Mart, setelah itu menyebar di semua desa. Logonya sama, barang yang dijual milik rakyat, orientasinya membeli produk dalam negeri,” tandasnya.

Tokoh muda Nahdlatul Ulama ini mengajak kepada masyarakat agar mencintai produk dalam negeri dengan cara membeli produk lokal, baik WUB atau UMKM. Selain untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, membeli produk lokal diniatkan membantu ekonomi tetangga dan rakyat Pamekasan.

“Mari kita belanja produk lokal agar ekonomi kita reborn. Karena kalau kita tidak belanja, berat untuk membangkitkan ekonomi kembali,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, pendirian Wamira Mart tersebut merupakan fasilitasi dari Pemkab Pamekasan untuk pemasaran offline produk WUB yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan secara gratis. Selain pelatihan gratis, pemkab juga memberikan bantuan alat melalui dana corporate social responsibility (CSR), serta memberikan modal dengan bunga nol persen selama setahun.

Tahun 2021, ada sembilan WUB yang telah berhasil didirikan Pemkab Pamekasan. Yaitu, Wamira Mart di Jalan Jokotole atau sebelah barat Kantor Dinas Koperasi dan UKM, Wamira Mart di Kecamatan Waru tepatnya di simpang tiga sebelum Pasar Waru, Kecamatan Pakong tepatnya di depan SPBU Pakong, dan Wamira Mart di Kecamatan Palengaan atau di sebelah barat Ponpes Kebun Baru.

Kemudian Wamira Mart di Kecamatan Proppo sebelah barat pasar pangurayan, di Kecamatan Larangan, di Kecamatan Tlanakan tepatnya di KUD Sumber Wangi, di Stadion Ratu Pamelingan, dan Wamira Mart tersebar. Wamira Mart tersebar merupakan Gerobak Wamira yang akan mengunjungi setiap ada kegiatan masyarakat. (mas)

baca juga :

Pemkab Lumajang Beri Reward Rumah untuk Atlet Sepak Takraw Saiful Rijal

Boy Robyanto, Nakhoda Baru Pelindo III

Titis Global News

Tutup Program RTLH, Gubernur Khofifah Siapkan Hunian Lebih Berkualitas Tahu Depan

Redaksi Global News