Global-News.co.id
Gaya Hidup Metro Raya Utama

SFW 2021 Resmi Dibuka, Forkopimda Surabaya Tampil dengan Busana UMKM

Walikota Eri melihat produk/karya UMKM dalam ajang SFW 2021

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemkot Surabaya bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) resmi membuka pergelaran Surabaya Fashion Week (SFW) 2021, di Main Atrium Grand City Surabaya, Minggu (31/10). Pergelaran ini merupakan salah satu upaya melakukan percepatan pemulihan ekonomi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Pahlawan.

Pergelaran SFW 2021 berlangsung 31 Oktober hingga 7 November 2021 dan terdapat penampilan menarik, pada even yang dibuka oleh penampilan fashion show dari putra dan putri Walikota Surabaya. Disusul penampilan fashion show Walikota Surabaya, Eri Cahyadi bersama istri, serta fashion show yang diikuti seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Surabaya, dengan mengenakan busana buatan UMKM Kota Surabaya.

“Surabaya Fashion Week ini untuk memasarkan dan mempromosikan produk UMKM Surabaya. Seperti tadi yang dikenakan seluruh Forkopimda Kota Surabaya itu adalah karya dari UMKM. Ini waktunya kita bangkit untuk UMKM Kota Surabaya. Kalau bukan hari ini kapan lagi, kalau bukan kita siapa lagi,” ujar Walikota Surabaya, Eri Cahyadi usai meresmikan SFW 2021.

SWF 2021 juga menampilkan fashion show dari para mahasiswa internasional dan para model. Mereka ikut mengenakan karya busana dari UMKM Kota Surabaya, yang diharapkan bisa ikut berpartisipasi mempromosikan produk UMKM di negara mereka masing-masing.

Menurut Walikota Eri, dengan bergotong-royong dalam menekan pandemi Covid-19 dan terselenggaranya pergelaran SFW 2021, ia berterima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Surabaya, sekaligus meminta untuk tidak melakukan euforia dan terus menekankan protokol kesehatan.

“Ini menunjukkan Pemerintah Kota Surabaya, lembaga keuangan, dan hebatnya Forkopimda, saya yakin Kota Surabaya akan menjadi kota yang lebih hebat dari hari ini. Semoga seluruh amalan njenengan (Anda) dan masyarakat dicatat oleh Gusti Allah menjadi amal jariyah, ” ujar dia.

Pemkot Surabaya juga me-launching aplikasi Pemberdayaan dan Ketahanan Ekonomi Nang Suroboyo (Peken) Surabaya, yakni aplikasi belanja online yang bisa diakses masyarakat untuk memilih produk-produk berkualitas karya UMKM Kota Surabaya. Walikota Eri menerangkan, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkot Surabaya, bisa memulai membeli karya produk UMKM pada aplikasi tersebut.

Penampilan putra, putri, istri dan Walikota Surabaya

“Kita munculkan Peken, kita akan menjual atau mempromosikan semua produk UMKM. Jadi, Pemkot membantu memasarkan produk UMKM Kota Surabaya, yang tidak bisa mengunjungi pameran, bisa membuka aplikasi Peken. Saya berharap, ini bisa dimulai dari ASN Kota Surabaya untuk bisa belanja di Peken,” terang Walikota Eri.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya, Rini Indriyani menyampaikan terima kasih kepada seluruh Forkopimda Kota Surabaya, yang ikut berpartisipasi dalam ajang fashion show dengan menampilkan busana dari karya produk UMKM.

“Alhamdulillah, saya berterimakasih banyak  kepada Forkopimda Surabaya beserta istri, yang ikut mempromosikan UMKM Surabaya.  Mudah-mudahan ini bisa membangkitkan semangat UMKM Kota Surabaya,” kata Rini Indriyani.

Ia juga menjelaskan, SFW 2021 bertujuan mempercepat pemulihan ekonomi di Kota Surabaya, yang juga dikemas dalam platform aplikasi Peken. Sehingga, dapat memudahkan para pembeli memilih produk UMKM.

Dengan berlangsungnya Pameran SFW 2021 ini, Rini berharap, para pelaku UMKM bisa kembali bangkit dan bersemangat dalam berkarya. Sebab, Kota Surabaya resmi menjadi PPKM Level 1.

Pada pergelaran SFW 2021 juga dimeriahkan oleh penampilan tari tradisional hingga tari modern, serta diikuti pemberian kredit modal usaha secara simbolis oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) kepada para pelaku UMKM di Kota Surabaya. (pur)

baca juga :

Food Court Plaza Surabaya, Berkumpulnya Penikmat Kuliner

Pemprov Jatim Raih Opini WTP ke-11 Kalinya dari BPK

Proyek NGRR Kilang Pertamina Tuban  Teken Perjanjian  Kerjasama CSR

gas