Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Program Kampung Zero Waste, Kota Surabaya Tunjuk 40 Kampung

Wakil Ketua Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Surabaya Aning Rahmawati saat menjelaskan program kampung nol sampah

SURABAYA (global-news.co.id) – Sedikitnya 40 kampung di Kota Surabaya, Jawa Timur, ditunjuk mengikuti program Kampung Zero Waste (KZW) atau kampung nol sampah yang mulai dilaksanakan pada 2022.

“Ke-40 kampung yang ditunjuk itu saat ini sedang dalam proses screening sekaligus penataan,” kata Wakil Ketua Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Surabaya, Aning Rahmawati, di Surabaya, Selasa (23/11).

Menurut dia, tim trainer, tim pengawas dan evaluasi untuk program KZW tersebut saat ini sedang dibentuk. Sedangkan, untuk roadmap pelaksanaan program KZW sampai dengan tahun 2026 sudah siap.

Aning mengatakan, pada 2022 di setiap kelurahan akan ditunjuk 1 RW yang nantinya bisa nol sampah. Pada tahun-tahun berikutnya, lanjut dia, RW yang sudah nol sampah ini akan menjadi tim trainer untuk melatih seluruh RW sampai dengan 2026 sampai satu kelurahan nol sampah.

“Sedang dihitung berapa pengurangan sampah pertahun yang ditargetkan pemerintah kota dari kampung zero waste ini sehingga selama 5 tahun sampah yang dikirim ke TPA (tempat pembuangan akhir) bisa berkurang signifikan,” ujar politikus PKS ini.

Ia menjelaskan, antusias masyarakat cukup besar pada saat uji kasus program KZW di lapangan terhadap salah satu RW di Kecamatan Rungkut yang menerapkan nol sampah. Bahkan, lanjut dia, sampai warga membawa peraga sampah dari rumah demi belajar memilah sampah.

“Hampir seluruh RT yang datang belum memahami cara memilah sampah yang betul. Hal inilah yang perlu dipahami pemkot saat penerapan program kampung zero waste. Edukasi massif untuk penyadaran masyarakat adalah hal yang utama,” katanya.

Untuk itu, kata dia, sebagai inisiator yang mencetuskan program Kampung Zero Waste ini, pihaknya akan terus mengawal pelaksanaan program tersebut sampai tuntas sempurna di lapangan.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya menyatakan, siap mewujudkan kampung zero waste di Kota Pahlawan. Menurutnya, wilayah perkampungan di Surabaya kini diupayakan untuk menjadi zero waste atau nol sampah.

Eri menjelaskan, manajemen pengelolaan sampah tak hanya menjadi wewenang dari Pemkot Surabaya, melainkan semua masyarakat punya kewajiban yang sama. (pur)

baca juga :

Walikota Eri Siapkan Strategi Percepatan Surabaya Menuju Zona Kuning

Titis Global News

Stafsus Presiden RI Apresiasi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Kota Surabaya

Redaksi Global News

BI Pertahankan Suku Bunga Acuan di Level 4%

Redaksi Global News