Global-News.co.id
Nasional Utama

Presiden Jokowi Tabur Bunga di Makam Habibie hingga Pahlawan Tak Dikenal

Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin saat tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (10/11). (foto: Antara)

JAKARTA (global-news.co.id) – Presiden Joko Widodo melakukan tabur bunga ke makam Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie, hingga tempat peristirahatan para pahlawan tidak dikenal usai memimpin Upacara Ziarah Nasional Dalam Rangka Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta.

“Presiden Jokowi melakukan tabur bunga ke makam almarhum Prof Dr Ing H BJ Habibie di Blok M 120 dan almarhumah Hj Ainun Habibie di Blok M 121,” kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, di Jakarta, Rabu (10/11).

Selajuntnya Presiden Jokowi dan rombongan juga melakukan tabur bunga di makam Ketua MPR RI periode 2009-2014, Taufiq Kiemas, yang terletak di Blok M – 114; makam istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono yang ada di Blok M – 129; makam mantan Wakil Presiden ke-4 RI Umar Wirahadikusuma di Blok M – 102, makam Wapres ke-5 RI Soedarmono di Blok M -107; hingga makam Wapres ke-3 RI Adam Malik di Blok E 119A.

“Presiden Jokowi juga melakukan tabur bunga di makam pahlawan revolusi di Blok E 79 sampai 83 serta pahlawan pangkat terendah dan pahlawan tidak dikenal yang ada di Blok M 59 sampai M 62,” tambah Heru.

Sebelum melakukan tabur bunga, Presiden Jokowi memimpin upacara ziarah nasional untuk memperingati Hari Pahlawan yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dan digelar dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Tampak dari tayangan langsung “Youtube” Sekretariat Presiden, beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir di lokasi yakni Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, yang menjadi pembaca doa.

Upacara dimulai setelah Presiden Jokowi menerima laporan dari Komandan Upacara. Para peserta upacara kemudian memberi penghormatan kepada para pahlawan dengan diikuti sikap hormat senjata.

Para peserta upacara kemudian mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dengan ditandai bunyi sirene. Setelah itu, Presiden memimpin prosesi mengheningkan cipta.

Presiden Jokowi kemudian meletakkan karangan bunga di tugu TMP Kalibata. Upacara dilanjutkan dengan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin kemudian meninggalkan tempat upacara, dan dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga. (ntr, ins)

baca juga :

Pegawai hingga Pelajar di Tuban Beramai-ramai Bersihkan Pantai

Redaksi Global News

Meski Kapolri Mencabut Tentang Larangan Berkerumun, Namun KPU Minta Protokol Kesehatan Tetap Dijaga

Tengah Malam, Khofifah Cek Penanganan Banjir di Kota Batu

Redaksi Global News